Wasit Zambia Janny Sikazwe sedang membantu kiper Pantai Gading Sylvain Gbohouo di ajang Piala Afrika 2019. (FADEL SENNA / AFP)
Wasit Zambia Janny Sikazwe sedang membantu kiper Pantai Gading Sylvain Gbohouo di ajang Piala Afrika 2019. (FADEL SENNA / AFP)

Piala Afrika 2019 Percepat Penggunaan VAR

Bola piala afrika 2019
Kautsar Halim • 09 Juli 2019 23:22
Kairo: Terjadi sedikit perubahan dalam mekanisme penyelenggaraan Piala Afrika 2019. Panitianya sepakat untuk menggunakan VAR (Video Asisten Wasit) sejak perempat final.
 
Perempat final Piala Afrika 2019 dijadwalkan bergulir pada 11 hingga 12 Juli mendatang. Sejatinya, teknologi VAR itu sendiri sempat disepakati baru bakal digunakan saat semifinal.
 
"VA digunakan sejak perempat final menyusul meningkatnya kontroversi wasit dalam turnamen," tulis sebuah keterangan seperti dilansir dari Reuters.

Klik:Masa Depan Jerome Boateng di Bayern Muenchen Tamat


Beberapa keputusan kontroversi wasit sempat terjadi dalam Piala Afrika 2019. Beberapa di antaranya ketika Ghana dan Mesir tersingkir dari babak 16 besar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Biasanya, keputusan wasit menjadi kontroversi saat menentukan pelanggaran handsball atau offside. Situasi ini bahkan menjadi perhatian besar hingga menunda final Liga Afrika Mei lalu.
 
VAR belum populer di Afrika karena dianggap mencoreng permainan sepak bola itu sendiri. Namun kabarnya, FIFA akan mengubah pandangan itu dengan menggandeng langsung Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) pada Agustus mendatang. (Reuters)
 

 

(KAU)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif