Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kiri) bersama Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)
Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kiri) bersama Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)

Uji Coba Timnas U-22 dengan Tim Liga 1 Jadi Solusi Terbaik

Bola Timnas U-22
Rendy Renuki H • 12 Februari 2019 08:04
Jakarta: Timnas Indonesia U-22 terus menunjukan progres baik sebelum tampil di Piala AFF U-22 2019 Kamboja. Meski tak mendapat uji coba internasional, Marunis Wanewar Cs ditempa dengan melakoni uji coba dengan sejumlah tim besar Liga 1.
 
PSSI sendiri memang sengaja memilih tim Liga 1 sebagai lawan uji coba Garuda Muda. Pasalnya uji coba Timnas U-22 dengan tim Liga 1 menjadi solusi terbaik mengasah kemampuan sebelum bertolak ke Kamboja, 15 Februari.
 
"Mencari tim lawan dengan level sepadan di usia U-22 sangat sulit saat ini. Saya kira sangat bagus tim ini mendapat lawan uji coba dengan level lebih tinggi. Tim ini, meski berisi deretan pemain muda, bisa mengimbangi tim secara komposisi pemain senior dan pemain asing," papar Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  PSSI sendiri sudah memproyeksikan Timnas U-22 dalam jangka panjang. Setelah berlaga di Piala AFF, tim asuhan Indra Sjafri itu bakal menjalani serangkaian rentetan turnamen untuk mematangkan kemampuan pemain.
 
"Setelah AFF, tim ini bakal berlaga di (Kualifikasi) Piala AFC, dan akan berujung di ajang SEA Games (Filipina) nanti," ujar mantan CEO Arema FC itu menambahkan.
 
Sementara, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memberikan catatan skuatnya usai beruji coba melawan Arema. Skuat Garuda muda kembali bermain imbang 1-1 pada laga di Stadion Kanjuruhan, Minggu 10 Februari.
 
Sebelum bermain imbang kontra Arema, Timnas U-22 juga terlebih dahulu meraih hasil imbang kontra Bhayangkara FC. Saat itu Garuda Muda yang sudah unggul 2-0 harus puas mengakhiri laga di Stadion Patriot Bekasi dengan hasil sama kuat.
 
"Pada deep defending, pemain kami melakukan satu kesalahan. Kondisi ini langsung membuat Arema mampu mencetak gol," ujar Indra Sjafri usai pertandingan.
 
"Sama seperti melawan Jepang (Piala Asia U-19 2018), kami sudah berusaha menutup semua ruang, dan mereka bisa shooting jarak jauh dan menjadi gol. Kelemahan seperti ini harus bisa kami minimalisir lagi," kata mantan pelatih Bali United ini.
 
Indra sendiri mengakui sulit memilih 23 pemain skuat Piala AFF U-22. Pelatih asal Sumatera Barat itu bakal memilih skuat final usai laga kontra Madura United.
 
"Laga terakhir melawan Madura United, saya berharap bisa memberikan kesempatan kepada pemain lain atau mungkin, kami bisa memantau pemain lagi," kata Indra.
 
Sebelum tampil di Kamboja, PSSI telah merancang tiga agenda uji coba bagi Timnas U-22, yakni melawan Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United. Setelah bermain imbang melawan Bhayangkara dan Arema, Timnas U-22 akan menghadapi Madura United, Selasa 12 Februari.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif