Lionel Messi (AFP/FRANCK FIFE)
Lionel Messi (AFP/FRANCK FIFE)

Zico: Messi Tidak Perlu Menangkan Piala Dunia

Bola lionel messi timnas argentina
Riyan Ferdianto • 28 Desember 2018 09:35
Rio de Janeiro: Mantan pemain timnas Brasil, Zico menganggap Lionel Messi tidak perlu trofi Piala Dunia untuk menjadi pemain terbaik sepanjang masa. Ia menilai, prestasi yang didapat pemain Barcelona itu sudah membuktikan semua. 

Bersama Barcelona Messi sudah meraih banyak trofi dan penghargaan individu. Namun, bersama negaranya, Argentina ia belum sama sekali meraih trofi Piala Dunia. 

Messi sejauh ini, dengan Argentina hanya sekali menembus final dari empat Piala Dunia yang diikuti peraih lima Ballon d’Or tersebut. Keikutsertaan Argentina di Rusia 2018 berakhir di fase gugur, kalah dari Prancis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ini bukan sebuah frustrasi. Orang-orang sekarang ini hanya berpikir soal pencapaian. Saya pikir karier Anda, pekerjaan Anda adalah hal terpenting,"kata Zico.

Baca: Messi Berharap Neymar dan Guardiola Kembali ke Barcelona


"Sepakbola adalah olahraga kolektif dan di banyak waktu ini tidak tergantung pada apakah Anda main bagus. Ini tergantung apakah tim bermain bagus. Kadang Anda menentukan pertandingan, namun Anda tidak dapat menentukan sebuah kompetisi. "Jadi, jasa Messi tidak bisa diabaikan karena ia tidak memenangkan Piala Dunia. Johan Cruyff tidak memenangkan Piala Dunia dan termasuk salah satu pemain terbaik dalam sejarah dan akan selalu begitu. Dan banyak pemain lain pun sama.

"Semuanya berdasarkan menjadi yang terbaik. Sepakbola adalah permainan kolektif, bukan permainan individu."tambahnya. 

Messi sedang menjadi top scorer sementara La Liga 2018--2019 dengan koleksi 15 gol. Dia punya peran besar untuk membuat Barca bertengger di puncak klasemen sementara dengan kumpulan 37 poin. 

Video: Exco PSSI Ditangkap atas Dugaan Kasus Pengaturan Skor




FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi