Wacana Petinggi Juventus Membuat Kompetisi Baru Liga Eropa Ditentang

Gregah Nurikhsani Estuning 13 September 2018 16:59 WIB
liga championsuefaliga europa
Wacana Petinggi Juventus Membuat Kompetisi Baru Liga Eropa Ditentang
Andrea Agnelli. (Foto: Twitter.com/ECAeurope)
Kopenhagen: UEFA berencana meresmikan kompetisi antarklub Eropa ketiga setelah Liga Champions dan Liga Europa. Wacana tersebut ditentang oleh klub-klub top Eropa di bawah payung European Leagues.

Sebelumnya, Presiden European Club Association (ECA), Andrea Agnelli mengonfirmasi bahwa UEFA akan meluncurkan sistem kompetisi teranyar pada musim 2021 -- 2022 mendatang.

Disebutkan, dengan adanya kompetisi ketiga itu, maka total klub yang akan berpartisipasi menjadi 96. Rinciannya yakni Liga Champions 32 klub, Liga Europa 32 klub (telah disepakati pada Desember silam), dan sisanya 32 klub.

Klik: Sadio Mane Menentang Orang Tua demi Menjadi Pesepak Bola


"Anggota komite eksekutif UEFA masih menunggu konfirmasi, lampu hijau telah diberikan untuk menggelar kompetisi ketiga, sehingga keseluruhan klub Eropa yang bertanding menjadi 96 klub pada musim 2021--2022," kata Agnelli yang juga menjabat sebagai chairman Juventus itu disadur dari Press Association.


Adapun UEFA belum memberikan nama untuk kompetisi ketiga itu. Akan tetapi, wacana tersebut justru tidak direstui oleh European Leagues (dulu bernama European Professional Football Leagues).

"Kami tidak senang dengan prosesnya. Ini pastinya sudah digodok matang-matang oleh UEFA dan ECA, tapi kami tidak dilibatkan, yang artinya birokrasinya tidak baik," kata Alberto Colombo, sekjen European Leagues.

"Selain Lars-Christer Olsson (Presiden ECA) yang juga menjadi anggota Exco UEFA, kami semua tidak diberi tahu apa-apa," sambungnya.

Seperti telah disebutkan di awal, rancangan kompetisi baru ini sebetulnya telah dibuat pada Desember silam di Dublin, Skotlandia. Alasan dicanangkannya kompetisi ketiga adalah untuk memberikan kesempatan kepada klub-klub Eropa untuk berlaga di level yang lebih tinggi.

Awalnya, wakil presiden ECA, Dariusz Mioduski mengusulkan untuk menambah peserta Liga Europa menjadi 64. Namun, setelah melakukan tinjauan dan mendapat masukan, akhirnya diputuskan bahwa UEFA akan meluncurkan kompetisi baru, yakni kompetisi ketiga yang belum diberikan nama ini.

Sejumlah media mengklaim bahwa kompetisi baru itu mirip seperti Cup Winners' Cup yang disetop pada 1999 lalu. Mioduski yang juga menjabat sebagai Presiden Legia Warsawa belum memberikan gambaran pasti mengenai format kompetisi tersebut.

Klik: Data dan Fakta Asian Para Games 2018
 



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id