Suporter timnas Tiongkok. (Roslan RAHMAN / AFP)
Suporter timnas Tiongkok. (Roslan RAHMAN / AFP)

Tiongkok Calonkan Diri sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023

Bola sepak bola kualifikasi piala asia u-23
Kautsar Halim • 19 Maret 2019 18:41
Beijing: Tiongkok secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) dan pemerintah setempat masih terus melakukan persiapan agar harapan itu terealisasi.
 
Piala Asia merupakan turnamen sepak bola empat tahunan terbesar di jagat Asia. Terakhir, kejuaraan itu bergulir di Uni Emirat Arab dan langkah tim nasional Tiongkok terhenti di perempat final.
 
Tiongkok terakhir kali menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2004 silam. Saat itu, mereka berhasil mencapai final tapi kalah dari Jepang dengan skor telak, 1-3.

Klik:Hasil Undian Perempat Final Piala Presiden 2019


Sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia, Tiongkok melakukan reformasi ambisius di bidang persepakbolaan sejak 2015. Dan, salah satu tujuannya memang untuk menjadi tuan rumah di Piala Asia 2023.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Pembangunan stadion megah berkapasitas besar sudah dilakukan Tiongkok agar menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Beberapa di antaranya di Beijing, Tianjin, Nanjing, Shaanxi, Chegdu, Qingdao, Shenyang, Changsha, Ningbo, dan Luoyang.
 
Dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya, prestasi sepak bola Tiongkok masih tertinggal dengan negara maju di Asia lainnya. Mereka baru sekali mengikuti Piala Dunia dan sering kalah dari tetangganya, yakni Jepang serta Korea Selatan. (ANT)
 
Video: PSM Makassar Pesta Gol ke Gawang Lao Toyota FC
 

 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif