Pengurus PSSI saat meninjau salah satu ruang ganti pemain di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad mustaqim
Pengurus PSSI saat meninjau salah satu ruang ganti pemain di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad mustaqim

Piala Dunia U-20 2021

Sudut Stadion Mandala Krida Disiapkan untuk VAR

Bola sepak bola liga dunia Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Ahmad Mustaqim • 11 Februari 2020 21:05
Seluruh fasilitas nantinya akan disesuaikan dengan standar FIFA. Mulai dari ruang ganti pemain, hingga kolam berendam pemain (jacuzzi).
 
Yogyakarta: Salah satu sudut di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, siap untuk menempatkan perangkat video assistant referee (VAR). VAR disiapkan jika rencana stadion tersebut dijadikan salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 mendatang.
 
Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Eka Heru Prasetya mengatakan, penyiapan ruang VAR ini sebagai respons kunjungan PSSI ke Yogyakarta pada Sabtu, 6 Februari 2020 lalu. Salah sudut di dalam stadion siap menjadi ruang VAR.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Kita siap menyediakan ruangan. Kalau peralatannya dari PSSI dan FIFA," kata Eka dihubungi pada Selasa, 11 Februari 2020.
 
Ia mengakui belum ada ruang dengan fasilitas canggih di stadion tersebut. Penyediaan ruangan khusus bisa disiapkan sesuai ketentuan.
 
Proses penyiapan ruangan VAR bisa dilakukan berbarengan dengan perbaikan fasilitas lain di stadion. Sejauh ini, Pemerintah DIY menyiapkan anggaran Rp60 miliar untuk kebutuhan perbaikan fasilitas stadion.
 
"Jadi anggaran yang disiapkan itu mencakup semua bagian. Termasuk fasilitas perangkat pertandingan dan penonton," ujarnya.
 
Pihak Disdikpora juga mengatakan, seluruh fasilitas akan disesuaikan dengan standar FIFA. Mulai dari ruang ganti pemain, kolam berendam pemain (jacuzzi), bangku penonton, hingga papan skor digital.
 
"Semua pengerjaan akan satu paket. Jadi, pembenahan fasilitas stadion termasuk ruang VAR, harus menyesuaikan standar," ucapnya.
 
Video: Lionel Messi akan Hengkang dari Camp Nou?

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif