Pemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki (bawah) terjatuh saat dilanggar pemain Timnas Vietnam Ha Duc Chinh (kanan). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki (bawah) terjatuh saat dilanggar pemain Timnas Vietnam Ha Duc Chinh (kanan). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Tiga Pemain Vietnam yang Wajib Diwaspadai Timnas U-23

Bola Timnas U-23 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 10 Desember 2019 13:04
Jakarta: Timnas U-23 akan menghadapi Vietnam pada final cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2019. Lawannya tersebut teranalisa punya kekuatan yang tidak jauh berbeda.
 
Baik Indonesia maupun Vietnam sudah sama-sama mengoleksi 21 gol dan kebobolan 4 gol sepanjang SEA Games 2019. Namun bedanya, timnas U-23 pernah kalah dari Vietnam (1-2) pada penyisihan Grup B.
 
Tren positif Vietnam tak lepas dari strategi pelatih Park Hang Seo serta performa para pemainnya yang bermental baja dan punya kemampuan menawan. Vietnam belum terkalahkan sejak fase grup hingga semifinal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Hasil terburuk Vietnam hanya ditahan imbang Thailand pada semifinal dengan skor 2-2. Itupun terbilang cukup spesial karena mereka dapat setelah tertinggal dua gol lebih dulu.
 
Berdasar analisa medcom.id, setidaknya ada tiga pemain Vietnam yang wajib diwaspadai timnas U-23. Itu ditentukan berdasar kontribusinya mencetak gol maupun mentalitas di lapangan.
 
1. Ha Duc Chinh
Chinh sedang berada di puncak klasemen sementara top scorer SEA Games 2019 dengan koleksi 8 gol. Catatan tersebut sama persis dengan milik penyerang Indonesia, Osvaldo Haay.
 
Posisi sebagai striker murni membuat Chinh lebih produktif ketimbang rekan-rekannya dalam urusan mencetak. Dia sempat mencetak empat gol saat Vietnam membantai Brunei Darussalam (6-0) dan menyumbang hattrick ketika mengalahkan Kamboja (4-0)
 
Ha Duc Chinh bukan nama baru di timnas Vietnam. Penyerang berusia 22 tahun itu jarang absen membela negaranya dan sempat ikut memperkuat Vietnam menjadi runner up AFC U-23 Championship 2018.
 
2. Nguyen Tien Linh
Tien Linh tidak kalah subur dengan Chinh. Dia sudah mengoleksi 6 gol dan jarang gagal melakukan penyelesaian akhir. Menariknya lagi, gol Linh lebih sering tercipta dalam laga krusial.
 
Setelah mencetak hattrick saat mengalahkan Laos, Linh jadi penyelamat Vietnam saat melakoni laga terakhir Grup B kontra Thailand. Berkat kontribusi dua golnya, Vietnam meraih hasil imbang dan lolos ke semifinal sebagai juara grup. Tugas itu sungguh tidak mudah karena Vietnam sempat tertinggal dua gol lebih dulu.
 
3. Nguyen Hoang Duc
Hoang Duc memang baru mencetak satu gol di enam laga SEA Games belakangan ini. Tapi kontribusinya sebagai gelandang serang terbukti cukup besar. Dia sering mengacak-acak lini pertahanan lawan sekaligus menginspirasi serangan.
 
Satu gol sumbangannya tercipta apik saat menaklukkan Indonesia pada penyisihan Grup B. Saat itu, dia melancarkan tendangan jarak jauh pada menit 90+1 untuk memastikan kemenangan Vietnam dengan skor, 2-1.
 
Hoang Duc yang kini berusia 21 tahun jarang absen membela Vietnam dan sering jadi pilihan utama pelatih Park Hang Seo. Dia juga punya pengalaman membela Vietnam U-20 di ajang Piala Dunia FIFA 2017.

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif