Timnas Ukraina lolos Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Portugal (Twitter/UEFA Euro 2020)
Timnas Ukraina lolos Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Portugal (Twitter/UEFA Euro 2020)

Permalukan Portugal, Ukraina Lolos Piala Eropa 2020

Bola kualifikasi piala eropa
Rendy Renuki H • 15 Oktober 2019 06:47
Jakarta: Timnas Ukraina berhasil lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 usai mempermalukan Portugal, Selasa 15 Oktober. Meski diperkuat Cristiano Ronaldo, Ukrainan mampu meraih kemenangan 2-1 pada laga Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020.
 
Bahkan kemenangan itu diraih Ukraina dengan kekuatan timpang di Stadion NSK Olimpijs, Kiev. Usai salah satu pemain mereka mendapatkan kartu merah di pertengahan babak kedua.
 
Kejutan Ukraina sudah terjadi di awal laga ketika mereka memimpin 1-0 di menit keenam. Roman Yaremchuk membobol gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio usai memanfaatkan bola liar dari sepak pojok.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Tim asuhan pelatih Andriy Shevchenko bahkan mampu unggul 2-0 di menit 27. Kali ini giliran Andriy Yarmolenko yang memperdaya Patricio setelah lolos perangkap offside.
 
Portugal menipiskan ketinggalan di babak kedua setelah mendapat hadiah penalti. Handsball Taras Stepanenko di kotak penalti sekaligus membuat pemain Ukraina itu mendapatkan kartu kuning kedua.
 
Ronaldo yang menjadi algojo sukses memperkecil ketinggalan 1-2. Gol penalti itu sekaligus menjadi torehan gol ke-700 Ronaldo sepanjang karier profesionalnya.
 
Kemenangan Ukraina sekaligus memastikan mereka melaju ke putaran final Piala Eropa 2020. Tambahan tiga poin membuat Ukraina kokoh di puncak klasemen Grup B dengan torehan 19 poin.
 
Ukraina menjadi tim kelima yang memastikan lolos Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Belgia, Italia, Rusia, dan Polandia sudah terlebih dahulu menggenggam tiket Piala Eropa 2020.
 
Sedangkan bagi Portugal, Selecao das Quinas tampaknya sudah tidak bisa mengejar Ukraina di puncak klasemen Grup B. Pasalnya Portugal baru meraih 11 poin dan tinggal menyisakan dua pertandingan lagi di kualifikasi.
 
Susunan pemain:
 
Ukraina: Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivstov, Mykola Matvyenko, Vitali Mykolenko (Igor Plastun 94'); Taras Stepaneko, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos Bonfim (Yevhen Konoplyanka 63'); Roman Yaremchuk (Viktor Kovalenko 73').
 
Portugal: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Bruno Fernandes 56'), Danilo Pereira, Joao Mario (Bruma 68'); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Joao Felix 46').
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif