Presiden FIFA GIanni Infantino (Attila KISBENEDEK / AFP)
Presiden FIFA GIanni Infantino (Attila KISBENEDEK / AFP)

FIFA Kucurkan Dana Bantuan, PSSI Dapat Rp7,7 Miliar?

Bola Virus Korona fifa pssi
Rendy Renuki H • 25 April 2020 19:28
Jakarta: Federasi sepak bola dunia (FIFA) akan mengucurkan bantuan dana kepada 211 anggotanya akibat pandemi Covid-19. Jumlah total bantuan dana yang akan diberikan FIFA sebesar 150 juta dollar (Rp2,33 triliun).
 
Artinya, setiap anggota dari 211 federasi tersebut akan menerima masing-masing 500 ribu dollar (Rp7,7 miliar). FIFA akan mengirimkan dana tersebut dalam waktu dekat langsung ke rekening anggota, termasuk PSSI.
 
Dana bantuan tersebut bisa dipakai untuk mendukung operasional federasi anggota FIFA. Mulai urusan pembayaran gaji staf, hingga yang berkaitan dengan pihak ketiga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota kami, yang banyak di antaranya mengalami kesulitan keuangan yang parah," kata Presiden FIFA Gianni Infantino di situs resmi FIFA.
 
"Ini adalah langkah pertama dari rencana bantuan finansial berjangkauan luas, yang kami kembangkan untuk menanggapi keadaan darurat di seluruh komunitas sepak bola."
 
"Bersama-sama dengan para pemangku kepentingan kami, kami menilai kerugiannya dan kami sedang mengerjakan cara yang paling tepat dan efektif untuk mengimplementasikan tahapan lain dari rencana bantuan ini," pungkasnya.
 
Namun FIFA tak begitu saja memberikan dana bantuan kepada anggotanya, termasuk PSSI. FIFA akan meminta laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut.
 
Penggunaan dan pertanggungjawaban dana itu mengacu kepada peraturan FIFA Forward 2.0. Setiap asosiasi harus membuat laporan soal pemanfaatan dana yang akan diaudit oleh FIFA.
 
Pandemi Covid-19 memang beradampak kepada sejumlah federasi. Mereka terpaksa menghentikan roda kompetisi, termasuk PSSI yang menyetop Liga 1 2020.
 
Buntutnya, klub menghadapi masalah finansial yang membuat PSSI mengeluarkan imbauan pemotongan gaji. Di mana setiap klub disarankan membayarakan gaji maksimal 25 persen dari kesepakatan.
 

(REN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif