PM Margaret Thatcher dan Paul Gascoigne. (Foto: Skynews)
PM Margaret Thatcher dan Paul Gascoigne. (Foto: Skynews)

Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka Diving

Bola timnas inggris
Fitra Iskandar • 28 Desember 2018 18:08
Mimpi Inggris remuk saat kesempatan terbaik itu datang pada Piala Dunia 1990. Paul Gascoigne dan kolega menembus fase semifinal, namun tumbang juga. Yang membanggakan, Inggris di turnamen itu bak sekumpulan pemain berjiwa ksatria.
 
Lihatlah Gascoigne ketika diterjang Andreas Brehme dari belakang. Ia bisa saja menggelepar-gelepar agar wasit bersimpati dan menghukum Brehme. Tetapi yang kemudian Ia lakukan sungguh luar biasa. Bahkan untuk ukuran sepakbola kini.

 
Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka <i>Diving</i>Margaret Thatcher ternyata memperhatikan sikap para pemain Inggris selama Piala Dunia 1990 berlangsung. Dia angkat jempol kepada Paul Gascoigne dan kolega.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Pada Piala Dunia 1990, Inggris dianugerahi penghargaan FIFA Fair Play Award. Dari catatan pertandingan, The Three Lions memang paling bersih dibanding tim lain.
 
Selama turnamen, Inggris mendapat enam kartu kuning dan tidak pernah mendapat kartu merah. Pelanggarannya paling sedikit di banding tim lain.
 
Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka <i>Diving</i>Meski tidak membawa pulang gelar juara, para pemain Timnas Inggris tetap mendapatkan sambutan hangat dari Thatcher, perdana menteri Inggris ketika itu, 1975—1990. Dia mengundang skuad Inggris ke kantornya di Downing Street sebagai bentuk apresiasi.
 
Arsip Nasional yang baru dirilis pemerintah Inggris mengungkapkan bahwa Thatcher memberikan pujiannya terhadap para pemain karena bersikap sportif di lapangan. Di mata Perempuan yang dijulukiThe Iron Lady itu, para pemain Inggris tidak suka pura-pura jatuh.
 

 
Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka <i>Diving</i>“Kita semua tahu ketika pemain Inggris dijatuhkan, mereka tidak seperti pemain tim lain. Pemain kami tidak langsung mencari Oscar penghargaan aktor terbaik untuk menirukan adegan kematian Richard III,” kata Thatcher. Richard III mati di tangan kumpulan lawannya dalam pertempuran Bosworth. Kisah ini diangkat ke dalam film.
 
"Kalian tetap kalem dan selalu menerima keputusan wasit tanpa protes,” kata Thatcher saat memberikan sambutan ketika itu.
 
Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka <i>Diving</i>Paul Gascoigne sempat diganjar kartu kuning karena menekel Thomas Berthold. Insiden terjadi saat Ia berusaha melewati Lothar Matthaus namun bola terlepas dan mengarah ke Berthold. Gazza berseluncur dan terjadi kontak dengan pemain belakang Jerman tersebut. Berthold pun terjatuh dan mengerang kesakitan.
 
Pemain yang akrab disapa Gazza itu terlihat menangis. Kartu kuning itu akan membuatnya kehilangan kesempatan tampil, di laga final, jika Inggris mengalahkan Jerman.
 

Margaret Thatcher Ternyata Mengecam Pemain Bola yang Suka <i>Diving</i>Di momen lain pada pertandingan itu, Gascoigne ditekel sangat kasar dari belakang oleh Andreas Brehme. Namun bintang milik Tottenham Hotspur ini langsung berdiri. Bahkan menyalami Brehme.
 
Inggris tumbang oleh Jerman melalui adu penalti. Jerman pun kemudian keluar sebagai juara setelah mengalahkan Argentina di laga final dengan skor tipis 1-0. Laga final sendiri diwarnai aksi Klinsmann yang dikenang sampai saat ini.
 
Klinsmann terjatuh ketika dilanggar Pedro Monzon. Meski terlihat tidak ada benturan fisik yang fatal, bintang Jerman itu berguling-guling tak karuan. Pedro akhirnya dikartu merah.
 

(FIT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif