Bagus-Bagas Gemilang, Timnas U-16 Jinakkan Iran
Bagus (kiri) merayakan gol yang dicetak Bagas (Antara/Zabur Karuru)
Kuala Lumpur: Timnas Indonesia U-16 membuat kejutan besar di laga perdana penyisihan Grup C Piala Asia U-16, Malaysia. Kegemilangan pemain kembar, Bagus dan Bagas Amiruddin membantu Timnas U-16 mempermalukan Iran dengan skor meyakinkan 2-0.

Menghadapi Iran yang lebih diunggulkan di Grup C, Timnas U-16 tidak lantas tertekan. Pelatih Fakhri Husaini justru menginstruksikan anak asuhnya tampil menyerang sejak peluit awal pertandingan ditiup wasit.

Baca juga: Ditekuk Taiwan, Timnas Putri U-16 Gagal Lolos ke Piala Asia U-16


Hasilnya langsung terlihat di menit keempat. Bagus membuka keunggulan Garuda Muda melalui tembakannya setelah memanfaatkan umpan matang dari Mochammad Supriadi.

Selepas gol Bagus, kedua tim menurunkan tempo permainan. Meski demikian tetap banyak peluang tercipta bagi Indonesia dan Iran. Tapi penyelesaian akhir yang buruk dan penampilan apik kiper masing-masing tim mampu menjaga gawang mereka dari kebobolan.

Indonesia hampir menambah keunggulan di menit 37 setelah umpan terobosan yang diarahkan ke area kotak penalti Iran gagal diantisipasi bek Iran, beruntung kiper Amirhossein Nikpour mampu menghalau bola lebih dulu.

Gawang Indonesia hampir kebobolan di menit 44 jika saja Ernando gagal menghalau tembakan pemain Iran setelah terjadi kemelut di depan gawang Garuda Muda. Beruntung tim asuhan Chamanian gagal memanfaatkan peluang yang ada. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas U-16 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pemain Indonesia U-16 menurunkan tempo serangan. Hal ini membuat para pemain Iran leluasa menguasai bola dan mengalirkan bola lebih baik ketimbang babak pertama.

Meskipun begitu, Indonesia menjadi tim pertama yang mendapatkan peluang mencetak gol melalui Bagus yang mendapat kesempatan emas setelah mengecoh dua pemain bertahan Iran dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Iran. Sayang tendangannya di menit 47 masih mengarah tepat ke kiper Iran.

Iran terus menekan Indonesia namun rapatnya pertahanan Garuda Muda dan penyelesaian akhir yang buruk dari para pemain Iran membuat gawang skuat Merah Putih tetap "perawan".

Bagus kembali mendapatkan peluang di menit 82 setelah usahanya mampu mengecoh dua bek Iran dan sang kiper, namun tendangannya masih melebar dari gawang yang sudah kosong.

Iran nyaris menyamakan kedudukan di menit 90. Beruntung bagi Indonesia karena Ernando bereaksi dengan cepat dan berhasil mengamankan gawang Indonesia dari serangan Iran. Menjelang akhir babak kedua, wasit memberikan tambahan waktu lima menit dalam pertandingan ini.

Meski kerap diserang, Indonesia justru berhasil menggandakan keunggulan setelah Bagas berhasil mencatatkan namanya di papan skor di menit 91 melalui gol indah setelah mengecoh tiga pemain Iran dan dengan tenang menceploskan bola ke gawang Iran.

Iran berusaha untuk terus menyerang di sisa waktu pertandingan yang ada, tapi hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia mampu mempertahankan keunggulan 2-0 dan meraih tiga poin pertama di laga perdana grup C Piala Asia U16.

Video: Mengintip Kesiapan Venue Asian Para Games 2018

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id