Piala Asia U-16 2018

Piala Asia U-16: Indonesia Hanya Bermain Imbang dengan Vietnam

A. Firdaus 24 September 2018 21:54 WIB
timnas u-16piala asia u-16
Piala Asia U-16: Indonesia Hanya Bermain Imbang dengan Vietnam
Duel yang terjadi pada laga Indonesia U-16 kontra Vietnam U-16 (Foto: AFC)
Kuala Lumpur: Tim nasional Indonesia U-16 hanya mampu bermain imbang 1-1 atas Vietnam pada laga kedua Grup C Piala Asia U-16. Sempat tertinggal pada babak pertama, Sutan Diego Zico menyelamatkan Garuda Asia lewat golnya pada babak kedua.

Bermain di Stadion Bukit Jalil, tak ada perubahan berarti yang dilakukan pelatih Fachri Husaini saat menghadapi Vietnam. Ia hanya menepikan Mochammad Supriadi yang mengalami cedera usai melawan Iran.

Pada awal laga, Indonesia mendominasi pertandingan. Meski begitu displinnya pertahanan Vietnam membuat pasukan Garuda Asia sulit memasuki kotak 16 besar.


Selepas 10 menit berjalan, Bagus mulai melakukan pergerakan ke jantung pertahanan Vietnam. Namun, ia belum bisa melepaskan tembakan ke gawang Nguyen Dung.

Justru Vietnam yang tampil lebih bertahan berhasil unggul lebih dulu melalui Khuat Van Khang pada menit ke-31. Gol pemain bernomor 10 ini tercipta melalui tendangan bebas yang tak mampu dihalau  Ernando.

Tertinggal, Fachri melakukan perubahan. Menarik keluar Muhammad Salman Alfarid dan memasukkan Hamsa Medari Lestaluhu. Otomatis posisi bek kiri ditempati oleh Yudha Febrian yang sebelumnya mengisi posisi sayap kiri.

Vietnam nyaris membuahkan gol kedua ketika Ha Trung Hau mendapatkan peluang pada menit ke-44. Beruntung, bola sepakan Hau mampu ditepis Ernando Ari. Skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Fachri kembali melakukan perubahan. Kali ini ia memasukkan Sutan Diego Zico. 

Masuknya Zico memberikan dampak positif, yaitu gol penyeimbang yang dicetaknya pada menit ke-50. Zico mampu melepaskan bola usai menerima umpan Bagus. Skor berubah menjadi 1-1.

Usai menyamakan kedudukan, Indonesia semakin gencar melakukan serangan. Sebaliknya, Vietnam yang tampil tertekan mencoba mengandalkan serangan balik. 

Masih menemui kebuntuan dalam hal melakukan serangan, Fachri memasukkan Supriadi. Pemain yang awalnya diragukan tampil karena cedera terpaksa dimasukkan menggantikan Hamsa, tepatnya lima menit jelang laga usai.

Kehadiran Supriadi menambah daya dobrak lantaran pergerakannya menghadirkan ancaman baru buat lini pertahanan Vietnam. Akan tetapi tak ada gol yang tercipta sehingga skor 1-1 bertahan hingga usai.

Dengan hasil ini, Indonesia masih memuncaki klasemen sementara Grup C dengan koleksi empat poin. Garuda Asia unggul kolektivitas gol dari India yang memiliki nilai sama. Pada laga kedua tadi, India juga bermain imbang tanpa gol dengan Iran.

Pada laga terakhir nanti, Indonesia akan berhadapan dengan India, Kamis 27 September. Jika ingin lolos ke perempat final, David Maulana dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang pada laga pamungkas grup nanti.

Susunan pemain: 
Indonesia:
Ernando; Bagas Kaffa, Fadhillah Nur, Komang Teguh, Yudha Febrian; Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, David Maulana; Amanar Abdillah, Yudha Febrian, Bagus Kahfi.

Vietnam: Nguyen Dung, Quoc Dan, Giap Duong, Long (C), Van Tu, D. Hoang, Khang, Q. Hoang, Thanh Tai, Trung Hau, Quang Truong

Tuntutan Persija Setelah Jakmania Tewas




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id