Virgil Van Dijk (kanan) (Foto: AFP/Paul Ellis)
Virgil Van Dijk (kanan) (Foto: AFP/Paul Ellis)

Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub

Bola liga dunia
Patrick Pinaria • 04 Juni 2019 15:54
Jakarta: Pemain berposisi bek dianggap sebagai posisi yang begitu penting dalam tim sepak bola. Bahkan, saking pentingnya, beberapa di antara mereka dihargai dengan angka selangit dalam beberapa tahun terakhir.
 
Contoh saja Virgil Van Dijk. Bek asal Belanda tersebut diboyong Liverpool dengan harga setinggi langit pada Januari 2018. Demi mendatangkan Van Dijk, pelatih The Reds Juergen Klopp memaksa klub merogoh kocek sebesar 75 juta poundsterling atau sekitar Rp1,3 triliun. Nilai transfer tersebut bahkan menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal dunia saat ini.
 
Selain Van Dijk, masih ada beberapa bek yang juga dihargai mahal oleh klub-klub lain. Salah satunya adalah Lucas Hernandes yang diboyong Bayern Muenchen pada bursa transfer musim panas 2019.

Baca: Paul Pogba yang Dinantikan Juventus dan Real Madrid


Meski masih di bawah Van Dijk, nilai transfer Hernandes ke Muenchen juga sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, Die Roten harus mengeluarkan dana sebesar 68 juta poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun. Saat ini, ia menjadi bek termahal kedua sepanjang sejarah sepak bola di dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Nilai-nilai transfer tersebut mungkin dianggap terlalu berlebihan oleh sebagian publik. Namun, klub punya alasan tersendiri untuk mengeluarkan dana setinggi langit untuk membeli bek. Apalagi, bek tersebut dianggap bisa memiliki kontribusi besar dan menguntungkan klub.
 
Setidaknya ada lima bek mahal yang bisa memberikan kontribusi besar untuk klub. Berikut yang sudah dihimpun Medcom.id:
 
5. Joao Cancelo
 
Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub
(AFP/Miguel Medina)

 
Cancelo diboyong Juventus pada Juni 2018. Penampilan impresifnya bersama Inter Milan pada musim sebelumnya membuat I Bianconeri tertarik mendatangkan bek asal Portugal tersebut.
 
Bahkan, saking tertarik, Juventus berani mengeluarkan dana sebesar 35,5 juta poundsterling (sekitar Rp641,4 miliar) untuk memboyong Cancelo. Nilai transfer itu juga menjadikannya sebagai pemain termahal sepanjang sejarah Liga Serie-A Italia.
 
Dibayar dengan transfer tinggi, Cancelo mampu menunjukkan kontribusi yang oke untuk Juventus. Ia sukses membantu Juventus meraih dua gelar pada musim perdananya, yakni satu gelar Liga Serie-A Italia dan Piala Super Italia.
 
Cancelo juga mendapat banyak kepercayaan untuk mengisi pos bek kanan bersama Juventus pada musim lalu. Total, ia membuat 34 penampilan di seluruh kompetisi.
 
4. Thiago Silva
 
Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub
(AFP/Franck Fife)

 
Silva menjadi salah satu bek dengan nilai transfer tinggi saat diboyong Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas 2012. Ia didatangkan dengan nilai transfer sebesar 38 juta poundsterling (sekitar Rp686,2 miliar).
 
Keputusan PSG mendatangkan Thiago Silva dengan nilai transfer mahal terbilang tepat. Sebab, bek asal Brasil tersebut mampu membantu Les Parisiens meraih sejumlah prestasi. Total, ada 20 gelar dipersembahkan sang pemain untuk PSG.
 
Seluruh gelar tersebut didapatnya bersama PSG di turnamen domestik. Di antaranya adalah enam gelar Ligue 1 Prancis, empat gelar Coupe de France, lima gelar Coupe de la Ligue, dan empat gelar Piala Super Prancis.
 
Selama tujuh musim membela PSG, ia sudah membuat 284 penampilan di seluruh kompetisi.
 
3. Kyle Walker
 
Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub
(AFP/Patrick Stollarz)

 
Walker didatangkan Manchester City dari Tottenham Hotspur pada Juli 2017. Secara mengejutkan, bek asal Inggris tersebut direkrut The Citizens dengan nilai transfer sebesar 53 juta poundsterling atau sekitar Rp956,7 miliar.
 
Nilai transfer tersebut sangat tinggi. Bahkan, menjadikan Walker masuk dalam salah satu pembelian termahal di dunia.
 
Namun, upaya besar City mendatangkan Walker tidak sia-sia. Bukan apa-apa. Kontribusi Walker untuk The Citizens pun juga terbilang besar. Selama dua musim, ia sukses membantu City meraih enam gelar. Di antaranya adalah dua gelar Liga Primer Inggris, satu gelar Piala FA, dua gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar Piala Community Shield.
 
Musim ini, Walker tampil impresif. Ia mampu membuat 1,1 tekel per laga, 1 interceptions per laga, dan 1,9 clearance (buang bola dari kotak penalti) per laga.
 
2. Aymeric Laporte
 
Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub
(AFP/Oli Scarff)

 
Satu pembelian bek mahal dilakukan kembali oleh City pada Januari 2018, yakni Laporte. The Citizens harus merogoh kocek sebesar 57 juta poundsterling (sekitar Rp1,02 triliun) untuk mendatangkan bek asal Prancis tersebut dari Athletic Bilbao.
 
Laporte pun bisa dinilai sebagai salah satu pembelian sukses untuk City. Toh, pemain berusia 25 tahun itu mampu memberikan sejumlah gelar untuk City, di antaranya adalah enam gelar.
 
Sejauh ini, Laporte dipercaya tampil sebanyak 54 kali di seluruh kompetisi. Selama bermain dengan City, ia sudah membuat 2,9 penyelamatan per laga, 1,2 tekel per laga, dan 1,2 interceptions per laga.
 
1. Virgil Van Dijk
 

Lima Bek Termahal yang Menguntungkan Klub
(AFP/Paul Ellis)

 
Van Dijk menjadi bek termahal sepanjang sejarah. Ia didatangkan Liverpool dari Southampton dengan nilai transfer sebesar 75 juta poundsterling (sekitar Rp1,3 triliun) pada Januari 2018.
 
Van Dijk pun mampu memberikan efek besar bagi Liverpool. Salah satu prestasi terbesarnya adalah membawa The Reds meraih gelar Liga Champions musim 2018--2019.
 
Selain itu, Van Dijk juga sukses membawa Liverpool menjadi runner-up Liga Champions musim lalu dan runner-up Liga Primer Inggris musim ini.
 
Van Dijk juga membuat catatan hebat untuk Liverpool. Khususnya pada musim ini. Ia sukses membuat 5,1 pembuangan bola alias clearances per laga, 1 kali tekel per laga, dan satu kali interceptions per laga.
 

Video: Lichtsteiner Ucapkan Salam Perpisahan kepada Arsenal
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif