Timnas U -22 Indonesia (Foto Antara/Nyoman Budhiana)
Timnas U -22 Indonesia (Foto Antara/Nyoman Budhiana)

Cukur Kamboja, Timnas U-22 Tantang Vietnam di Semifinal Piala AFF

Bola piala aff
Riyan Ferdianto • 22 Februari 2019 20:30
Pnom Penh: Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2019. Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up.
 
Timnas Indonesia menunjukkan permainan agresif sejak awal babak pertama. Meski begitu, Kamboja juga memberikan perlawanan sengit meski sudah memastikan diri sebagai juara Grup B.
 
Peluang pertama Indonesia tercipta pada menit ketiga melalui kerja sama Witan Sulaeman dan Marinus Wanewar. Namun, tidak ada yang berbuah maksimal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Timnas Indonesia U-22 mampu memecah kebuntuan pada menit ke-19 melalui gol Marinus Wanewar. Memanfaatkan umpan silang Witan Sulaeman, tendangan pertama Marinus tidak sempurna. Namun, striker Bhayangkara FC itu berhasil melepaskan tendangan kaki kiri yang membobol gawang Kamboja.
 
Gol Marinus membuat serangan Timnas Indonesia U-22 lebih terlihat. Lewat permainan cepat Osvaldo Haay dan Gian Zola, Garuda Muda mampu beberapa kali mengancam gawang Kamboja.
 
Kamboja hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-31 melalui sundulan Sin Sophanat. Menerima umpan silang, Sophanat tidak terkawal dan melepaskan sundulan. Beruntung bola tepat mengarah ke pelukan kiper Awan Setho.
 
Indonesia memiliki peluang terakhir lewat Marinus pada injury time babak pertama. Sayang, Marinus gagal melakukan penyelesaian akhir meski kiper Keo Soksela sudah salah posisi. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga akhir babak pertama.
 
Usai jeda, timnas Indonesia langsung tancap gas menggempur pertahanan Kamboja. Peluang langsung datang pada menit ke-47 melalui Osvaldo Haay , namun sayang sundulannya masih jauh dari sasaran.
 
Indonesia terus menekan pertahanan Kamboja dan membuat mereka benar-benar kewalahan. Tetapi sejauh ini kombinasi permainan Indonesia belum menghasilkan gol tambahan.
 
Menit ke-57 Indonesia kembali mendapat peluang melalui Osvaldo Haay yang berhasil masuk ke kotak penalti dan menarik dua pemain bertahan sekaligus. Bola diteruskan ke ruang terbuka, tetapi tembakan Zola berhasil ditepis kiper Kamboja.
 
Indonesia begitu percaya diri dan itu benar-benar berbahaya dalam setiap serangan yang mereka bangun. Sementara, Kamboja masih kesulitan mengembangkan permainan meski telah melakukan beberapa pergantian pemain.
 
Memasuki menit akhir-akhir pertandingan Indonesia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 atas Kamboja. Marinus Wanewar sukses mencetak gol keduanya pada pertandingan ini lewat tendangan kaki kiri yang tidak terduga.
 
Di sisa waktu yang ada Kamboja terus berusaha membongkar pertahanan Indonesia. Namun, hingga babak kedua berakhir skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah.
 
Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2019 dengan status runner up Grup B dengan lima poin di bawah Kamboja. Pada partai semifinal Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup A yaitu Vietnam pada Minggu 24 Februari 2019.
 
Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-22 kontra Kamboja:
 
Timnas Indonesia U-22: Awan Setho, Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, M. Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman (78'Fredyan Wahyu), Gian Zola (82'Ravi Syaril); Oswaldo Haay, Sani Rizki Fauzi, Marinus Wanewar.
 
Timnas Kamboja U-22: Keo Soksela; Seut Baraing, Chheng Meng, Cuk Sovann, Chhong Bunnath, Sin Sophanat; Om Chanpolin, Teath Kim Heng, Tes Sambath; Sin Kakada, Sleng Chanthea.
 
Video: Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul
 

 

(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif