Pasca Perhelatan Piala AFF U-19

Sekjen PSSI Beberkan Sumber Masalah Suporter Indonesia

Gregah Nurikhsani Estuning 15 Juli 2018 11:18 WIB
piala aff u-19
Sekjen PSSI Beberkan Sumber Masalah Suporter Indonesia
Suasana stadion Gelora Delta Sidoarjo (Foto: Gregah/Medcom.id)
Sidoarjo: Suporter Indonesia kembali berulah di ajang internasional, Piala AFF U-19. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha menuturkan bahwa ketidakdewasaan suporter tidak bersumber dari stadion, melainkan problematika di lingkungan sekitar.

Insiden pelemparan botol minuman ke arah ofisial Malaysia U-19 terjadi usai timnas Indonesia U-19 kalah adu penalti pada semifinal, Kamis 12 Juli 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Tak cuma itu saja, saat lagu kebangsaan Malaysia dikumandangkan, para suporter Indonesia tidak menghormati dengan sorakan-sorakan tak sportif. Hal ini membuat pelatih kepala Malaysia U-19, Bojan Hodak, terkejut.


Hodak yang sejatinya terkesan dengan atmosfer sepak bola tanah air mempertanyakan peran PSSI sebagai federasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia. Tisha merasa kalau pihaknya sudah semaksimal mungkin memberikan pengertian.

"Kalau bicara edukasi (kepada suporter), di sosmed kita sudah sampai mati memberikan edukasi. Kita akan terus, nggak akan berhenti, nggak akan pernah capek kita mengkampanyekan kepada semuanya melalui media kepada masyarakat, siang-malam kami lakukan," ujar Tisha ditemui awak media di Stadion Gelora Delta.

Lebih lanjut, Tisha menjelaskan bahwa persoalan suporter tidak mengakar di stadion atau tiap ada pertandingan, baik level timnas mau pun klub.

Menurutnya, sumber permasalahan justru berasal dari lingkungan dan problematika di masyarakat itu sendiri. Kehidupan bermasyarakat yang kompleks dengan segala persoalan, menariknya, bisa diketahui di stadion.

"Masalah (ketidakdewasaan suporter) bukan di situ, ini kompleks, masalahnya ada dari sekolah, dari keluarga, masyarakat, pendidikan ketika mereka sekolah turnamen antar kelas misalnya. Jadi masalah itu tidak bisa diselesaikan di stadion, tapi kita bisa tahu permasalahan masyarakat di stadion, itulah indahnya sepak bola," kata Tisha lagi.

"Kita semua sudah tahu betapa hebatnya suporter Jepang yang bersih-bersih stadion setelah kalah, siapa yang nggak share itu. Tapi, ketika kita sudah dihadapkan pada kekalahan, yang levelnya baru Asia Tenggara, jangankan kita membersihkan sampah, malah kita melemparnya," pungkasnya.

Taklukkan Thailand, Timnas U-19 Juara Tiga Piala AFF




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id