Momen saat Cristiano Ronaldo (kiri) berduel dengan Virgil Van Dijk di final Liga Champions 2017--2018 (Foto: AFP/Isabella Bonotto)
Momen saat Cristiano Ronaldo (kiri) berduel dengan Virgil Van Dijk di final Liga Champions 2017--2018 (Foto: AFP/Isabella Bonotto)

Menanti Duel Van Dijk dengan Ronaldo

Bola cristiano ronaldo liga dunia timnas portugal
Patrick Pinaria • 07 Juni 2019 09:38
Belanda sukses lolos ke babak final usai menyingkirkan Inggris. Di babak final, mereka akan berduel dengan Portugal yang sudah memastikan diri melaju setelah menaklukkan Swiss.
 
Guimaraes
: Laga final UEFA Nations League 2018--2019 antara Portugal kontra Belanda tampaknya akan menghadirkan banyak kisah menarik. Salah satunya adalah kisah duel antara Cristiano Ronaldo dengan Virgil Van Dijk.
 
Nama Van Dijk sedang naik daun. Penampilan impresif bersama Liverpool pada musim 2018--2019 menjadi penyebabnya. Pada periode itu, bek asal Belanda tersebut sukses membantu The Reds meraih gelar Liga Champions.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Bukan hanya karena keberhasilannya meraih gelar. Ketangguhan Van Dijk dalam menjaga pos lini belakang Liverpool sepanjang musim ini juga menjadi sorotan. Terutama saat menghadapi Barcelona di leg kedua semifinal. Ia sukses mematikan pergerakan Lionel Messi dan membantu Liverpool menang atas El Barca dengan skor 4-0. Hasil itu membuat The Reds lolos ke final dengan agregat kemenangan 4-3.
 
Berkat penampilan impresifnya, Van Dijk pun menuai banyak pujian. Bahkan, ia disebut-sebut akan memenangkan Ballon d'Or.

Baca:Hantam Inggris, Belanda Tantang Portugal di Final


 
Kini, Van Dijk kembali menjadi sorotan. Performanya bersama timnas Belanda di babak final UEFA Nations League tentu sangat dinantikan. Terutama saat ia berhadapan dengan mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo.
 
Menghentikan Ronaldo pada laga nanti tentu bukan tugas mudah. Mengingat, ia juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah mampu mencetak hattrick ke gawang Swiss di semifinal.
 
Namun, Van Dijk bukan pertama kali berduel dengan Ronaldo. Keduanya pernah berjumpa di final Liga Champions musim 2017--2018. Tepat saat Liverpool berduel dengan Real Madrid. Pada saat itu, Van Dijk sukses mengawal pergerakan Ronaldo dengan baik. Buktinya, Ronaldo kesulitan untuk mencetak gol saat itu. Hanya saja, Van Dijk tetap harus menelan pil pahit karena The Reds kalah dari Madrid dengan skor 1-3.
 
Ketika ditanya soal duel keduanya, pelatih Belanda Ronald Koeman tidak terlalu antusias. Ia menilai pertarungan antara Portugal kontra Belanda merupakan pertarungan tim, bukan soal kedua pemain.

Baca:Penampilan De Jong Bikin Koeman Berdecak Kagum


"Ini bukan pertarungan antara dua pemain. Ini adalah Portugal dan Belanda. Kami tahu kadang-kadang pertahanan kami bisa runtuh saat menghadapi Ronaldo. Tetapi, kami ingin menjaga bola dan menguasainya dengan baik. Dengan begitu, ia akan kesulitan melancarkan serangan," ujar Koeman.
 
"Kami tidak berhenti setelah malam ini. Selalu ada sesuatu untuk ditingkatkan. Tetapi, kami berada dalam cara yang baik. Tim senang dan percaya dengan cara kami bermain," tambahnya.
 
"Kami memiliki bakat-bakat besar dan berpengalaman dalam tim. Kedua pemain ini memenangkan Liga Champions. Pengalaman mereka dituangkan untuk memenangkan semifinal UEFA Nations League dan kemudian untuk final nanti. Ini membuat segalanya jauh lebih mudah," tutur Koeman.
 
Portugal sukses ke babak final usai menyingkirkan Swiss dengan skor 3-1 pada Kamis 6 Juni. Selang sehari, Belanda juga meraih tiket final setelah menaklukkan Inggris dengan skor identik 3-1. (Goal)
 

Video: Lichtsteiner Ucapkan Salam Perpisahan kepada Arsenal
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif