Foto: Ist
Foto: Ist

7 Fakta 700 Gol Cristiano Ronaldo

Bola cristiano ronaldo timnas portugal kualifikasi piala eropa
Achmad Firdaus • 16 Oktober 2019 16:57
Jakarta: Cristiano Ronaldo tidak henti-hentinya menciptakan rekor. Baru-baru ini, striker 34 tahun tersebut mencatatkan diri sebagai pemain tersubur keenam dalam sejarah sepak bola dunia.
 
Ronaldo masuk dalam daftar penyerang tersubur dunia usai mencetak gol ke-700 dalam karier sepak bolanya. Gol tersebut diciptakannya saat Portugal berhadapan dengan Swedia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa 15 Oktober 2019.
 
Dengan torehan gol tersebut, nama Ronaldo kini sejajar dengan pemain-pemain legendaris dunia macam Pele dan Gerd Muller. Capaian 700 gol juga sekaligus mempertegas keunggulannya atas rival utamanya dalam satu dekade terakhir, Lionel Messi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Untuk mengulas lebih jauh hal-hal menarik yang mengiringi kesuksesan Ronaldo mencetak 700 gol, medcom.id merilis tujuh fakta tentang Cristiano Ronaldo.

1. Rayakan Gol ke-700 dengan Kekalahan

Cristiano Ronaldo menandai gol ke-700 dalam kariernya saat Portugal bertandang ke markas Swedia pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, 15 Oktober 2019. Sayang, Ronaldo tidak bisa merayakan gol yang dicetaknya lewat titik penalti karena Portugal harus menyerah dengan skor 1-2.

2. Gol Pertama Dicetak pada Usia 17 Tahun

Ronaldo mencetak gol pertamanya pada 7 Oktober 2002 saat melakoni debut bersama Sporting Lisbon di Liga Portugal.
 
Saat itu usia Ronaldo baru 17 tahun. Tampil sebagai starter, Ronaldo menyumbang dua gol dalam kemenangan 3-0 Sporting atas Moreirense.

3. Butuh 17 Tahun untuk Membukukan 700 Gol

Sejak mengawali karier profesionalnya pada tahun 2002, Ronaldo sudah 17 tahun beraksi di lapangan hijau.
 
Selama periode tersebut, ia tercatat sebagai salah satu predator mematikan. Di level klub, ia mampu melesakkan 605 gol dari 814 laga bersama Sporting, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.
 
Sementara di level Timnas, Ronaldo yang melakoni debut pada tahun 2003, sudah mengoleksi 95 gol untuk Portugal. Jumlah ini masih akan terus bertambah, mengingat hingga kini Ronaldo yang berusia 34 tahun, masih cukup kompetitif dan belum menunjukkan sinyal bakal pensiun.

4. Pemain Ke-6 yang Berhasil Menyentuh 700 Gol

Dalam sejarah sepak bola, belum banyak pemain yang mampu menyentuh angka 700 gol dalam kariernya. Melansir BBC Sport, Cristiano Ronaldo merupakan pemain keenam yang mampu melakukannya.
 
Jumlah gol Ronaldo hanya kalah dari legenda-legenda sepak bola, di antaranya: Josef Bican (Austria/805 gol), Romario (Brasil/772 gol), Pele (Brasil/767 gol), Ferenc Puskas (Hungaria/746 gol), dan bomber legendaris Jerman, Gerd Muller yang mengoleksi 735 gol dalam kariernya.
 


5. Pemain Aktif Paling Subur

Jika dibandingkan dengan pemain-pemain legendaris, Ronaldo memang hanya menempati peringkat enam dalam daftar pemain tersubur dunia. Namun, dia berada di daftar teratas apabila dibandingkan dengan pemain-pemain yang masih aktif.
 
Menukil data dari Givemesport, CR7 tercatat sebagai pemain aktif paling subur di dunia. Dengan koleksi 700 gol, ia unggul jauh atas rivalnya dalam satu dekade terakhir, Lionel Messi yang baru mengoleksi 699 gol dalam kariernya bersama Barcelona dan Timnas Argentina.
 
Di belakang Messi, ada Zlatan Ibrahimovic (542 gol), Luis Suarez (466 gol) dan bomber Timnas Polandia dan Bayern Muenchen, Robert Lewandowski yang sudah mengoleksi 447 gol.

6. Paling Bersinar Bersama Real Madrid

Sepanjang kariernya hingga kini bersama Juventus, Ronaldo sudah membela empat klub. Tiga lainnya adalah Sporting Lisbon, Manchester United dan Real Madrid.
 
Dari empat klub tersebut, karier paling cemerlang Ronaldo terjadi saat memperkuat Real Madrid. Dalam 9 tahun kariernya bersama El Real, Ronaldo sukses meraih 15 titel juara. Termasuk empat titel Liga Champions di mana tiga di antaranya diraih secara beruntun.
 
Torehan golnya pun berbanding lurus dengan pencapaian yang diraihnya. Ronaldo menyumbangkan total 450 gol dalam 438 laga untuk Madrid di semua ajang. Jumlah ini paling banyak dibanding tiga klub lainnya.
 
Ia menyumbang 5 gol untuk Sporting Lisbon (2002--2003), 118 gol untuk Manchester United (2003--2009) dan kini bersama Juventus di mana ia sudah mengoleksi 32 gol memasuki musim keduanya bersama Si Nyonya Besar.

7. Kaki Kanan Senjata Paling Mematikan

Ronaldo termasuk pemain dengan kualitas komplet. Ia mampu mencetak gol dengan semua anggota tubuhnya. Kaki kanan menjadi senjata yang paling mematikan dari Ronaldo.
 
Mengutip data dari Opta, lebih dari separuh total golnya dicetak lewat kaki kanan. Sebanyak 442 gol diciptakannya lewat kaki kanan. Sementara kaki krinya menyumbang 129 gol. Kepala Ronaldo juga tak kalah berbahaya. Ia tercatat mengoleksi 127 gol lewat sundulan.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020

 

(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif