Thailand vs Indonesia

Kalah Tipis dari Thailand, Timnas U-19 Lolos Sebagai Runner-up

Riyan Ferdianto 09 Juli 2018 21:40 WIB
piala aff u-19
Kalah Tipis dari Thailand, Timnas U-19 Lolos Sebagai Runner-up
Timnas U-19 Saddil Ramdani (Foto ANTARA/ZABUR_KARURU)
Sidoarjo: Timnas Indonesia U-19 menunjukkan spirit bertarung yang gemilang saat bersua Thailand pada laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-19, Senin 9 Juli. Sayang, meski terus menggempur pertahanan Thailand di 20 menit terakhir laga, Indonesia harus mengakui keunggulan tim Gajah Putih dengan skor tipis 1-2. Garuda Muda harus puas lolos ke semifinal dengan status runner-up.

Nurhidayat dkk yang sudah memastikan diri lolos ke semifinal, mengawali duel di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dengan kurang baik. Mereka harus bermain di bawah kendali Thailand yang memang membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket lolos.

Kerap tertekan, gawang Muhammad Aqil Savik akhirnya bobol pada menit ke-40. Sontekan keras Suphanat Mueanta memaksa Indonesia menutup babak pertama dengan ketinggalan 0-1.


Pada babak kedua, arah pertandingan tidak berubah. Thailand tetap menekan. Hal itu memaksa Indonesia bermain dengan mengandalkan serangan balik.

Gol kembali terjadi untuk tim tamu. Pada menit ke-48 Matee Sarakum sukses menyambar umpan silang di muka gawang. Keunggulan Thailand bertambah jadi 2-0. 

Klik di sini: Babak I: Indonesia Tertinggal dari Thailand

Timnas U-19 tidak ingin mengecewakan ribuan pendukung yang datang ke Stadion. Permainan menyerang pun mulai diperagakan Saddil Ramdani dkk. Thailand pun dibuat kerepotan dengan kecepatan-kecepatan para pemain Indonesia, terutama di sektor sayap.

Witan Sulaiman hampir memperkecil ketertinggalan melalui sontekan kerasnya pada menit ke-71. Namun tembakannya belum menemui sasaran. Pun demikian dengan aksi Saddil Ramdani di mana beberapa tembakan kerasnya dari luar kotak penalti juga hanya tipis di atas mistar gawang Thailand.

Terus menekan, Indonesia akhirnya sukses memperkecil ketertinggalan pada menit ke-84. Lewat skema umpan satu dua, Todd Rivaldo Ferre sukses merangsek ke kotak penalti lalu melepaskan tembakan yang membentur tiang. Beruntung, bola muntah berhasil dimanfaatkan Rifad Marasabessy yang berdiri bebas di muka gawang.

Berhasil memperkecil ketertinggalan, Indonesia semakin bersemangat. Thailand pun dipaksa hanya bertahan. Sejumlah peluang sempat tercipta. Salah satunya lewat tusukan Todd Ferre yang diakhiri tembakan dari jarak dekat. Sayang, upaya tersebut gagal membuahkan hasil karena masih bisa dibendung kiper Thailand. Alhasil, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor tipis 1-2.

Klik di sini: Susunan Pemain Indonesia vs Thailand

Dengan hasil ini, Indonesia harus puas mengakhiri babak penyisihan Grup A dengan status runner-up. Anak-anak asuh Indra Sjafri yang mengoleksi 12 poin hanya berselisih satu angka dari Thailand sebagai juara grup. 

Meski kalah dan hanya lolos dengan status runner-up, namun perjuangan Saddil dkk, khususnya di laga melawan Thailand patut diacungi jempol. Terutama soal mental pantang menyerah. Di babak semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B.

Malaysia, Myanmar dan Timor Leste adalah calon lawan Indonesia. Saat ini, Myanmar duduk di puncak klasemen sementara Grup A, namun hanya unggul selisih gol dari Malaysia yang sama-sama mengoleksi tujuh poin. Adapun, Timor Leste yang duduk di posisi tiga masih punya peluang lolos dengan koleksi 5 poin.

Pada partai pamungkas Grup B, Selasa 10 Juli besok, Myanmar akan melakoni hidup mati melawan Malaysia. Kedua tim dipastikan bakal ngotot meraih kemenangan, karena tim yang kalah berpotensi disalip Timor Leste yang pada saat bersamaan akan berhadapan dengan Kamboja, tim yang sudah dipastikan tersingkir.

Susunan Pemain:

Thailand U-19: Nopphon Lakhonpon, Nakin Wisetchat, Sampan Kesi, Anusak Jaiphet, Kittitach Pranithi, Nattawut Chootiwat, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta, Kritsana Daokrajai, Thirapak Prueangna.

Indonesia U-19: Muchamad Aqil Savik , Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, Rifad Marasabessy, David Kevin Wato, Muhamad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Aji Kusuma, Todd Rivaldo Ferre, Hanis Saghara Putra.

Video:Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia
 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id