Pemain tim nasional U-23 Indonesia beristirahat sejenak dalam sesi latihan di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF). (aANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Pemain tim nasional U-23 Indonesia beristirahat sejenak dalam sesi latihan di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF). (aANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Timnas U-23 Kalah Tipis dari Yordania

Bola Timnas U-22
Kautsar Halim • 13 Oktober 2019 16:21
Chongqing: Timnas Indonesia U-23 masih gagal meraih kemenangan pada laga kedua CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019. Yordania sebagai lawannya, mengalahkan mereka dengan skor tipis, 0-1.
 
Pertandingan berlangsung menarik di di Stadion Archway, Chongqing, Minggu 13 Oktober. Timnas U-23 sempat menahan imbang pada babak pertama, sebelum akhirnya kebobolan pada awal babak kedua.
 
Sayap kanan timnas U-23, Egy Maulana Vikri, membuka peluang lebih dulu pada menit ke-8. Sodoran Witan Sulaeman sudah diterima dan bola pun mampu digiring dengan baik ke posisi yang tidak dijangkau bek Yordania. Sayang, tendangan Egy masih melebar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Menginjak menit ke-15, giliran Bassam Daldoom yang memberikan peluang untuk Yordania. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu mampu melakukan overlap, tapi bola penyelesaian akhirnya masih terlalu menyamping dari gawang Indonesia.
 
Kerjasama Egy dan Witan kembali merepotkan pertahanan Yordania pada menit ke-33. Tapi, Witan yang kali ini melakukan penyelesaian akhir masih gagal memanfaatkannya dengan baik. Bola malah dia tendang melambung dari gawang.
 
Secara keseluruhan kedua tim tampil cukup berimbang pada babak pertama. Tapi, mereka masih kesulitan untuk mendapat peluang matang atau masuk ke area penalti lawan. Skor 0-0 bertahan hingga peluit turun minum berbunyi.
 
Yordania langsung tampil lebih agresif saat memainkan babak kedua. Alhasil, gol penentu kemenangan sukses diciptakan Yazan Al-Naimat pada menit ke-47. Gol tersebut lahir setelah menyepak operan salah satu rekannya yang menang duel udara di area penalti.
 
Dominasi penguasaan bola dan permainan menekan masih ditunjukkan para pemain Yordania meskipun sudah unggul. Para pemain timnas U-23 dipaksa bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik yang kurang sempurna.
 
Menginjak menit ke-75, Egy mendapat peluang emas untuk berlari seorang diri dari tengah lapangan. Tapi, dia kalah cepat dengan bek Yordania yang melanggarnya di depan kotak penalti. Syahrian Abimanyu dipercaya menjadi eksekutor tendangan bebas, tapi arahnya masih membentur pagar betis Yordani.
 
Setidaknya, terdapat dua peluang bersih yang didapat Yordania untuk memperbesar keunggulan pada babak kedua, yakni sepakan Omar Al-Zebdieh (menit ke-74) dan tendangan Al-Naimat (90+3). Beruntung gol gagal tercipta karena ditepis kiper Nadeo Winata.
 
Tidak banyak peluang yang didapat timnas U-23 pada babak kedua. Garuda Muda lebih banyak bertahan karena besarnya tekanan lawan. Skor tipis 0-1 untuk kemenangan Yordania bertahan hingga peluit panjang berbunyi.
 
Dengan adanya kekalahan ini, artinya timnas U-23 makin terpuruk di dasar klasemen sementara. Mereka tetap gagal memiliki poin lantaran sempat takluk 0-2 dari tuan rumah Tiongkok pada laga pertama. Selanjutnya, Selasa 15 Oktober, Indonesia akan melakoni laga terakhir yang lebih berat, yakni kontra Arab Saudi.
 
Starting XI
 
Indonesia U-23 (4-1-2-3): Nadeo Winata; David Rumakiek, Nurhidayat Haris, Bagas Nugroho (C), Asnawi Bahar; Muhamad Baharsyah; I Kadek Putra, Syahrian Abimanyu; Witan Sulaeman, Muhammad Rafli, Egy Vikri.
 
Yordania U-23 (4-2-1-2-1): Rafat Al-Raabie; Ahmad Haikal, Yazan Abdelaal, Bassam Daldoom, Saed Al-Rosan (C), Moath Ammouri, Nizar Al-Rashdan; Ahmad Haikal; Mohammad Aburiziq, Omar Al-Zebdieh; Ali Olwan.
 

 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif