Pemain Timnas U-22 Indonesia Saddil Ramdani (tengah) berebut bola dengan dua pemain Timnas Vietnam Nguyen Hoang Duc (kiri) dan Huynh Tan Sinh. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Timnas U-22 Indonesia Saddil Ramdani (tengah) berebut bola dengan dua pemain Timnas Vietnam Nguyen Hoang Duc (kiri) dan Huynh Tan Sinh. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

9 Fakta Menarik Jelang Timnas U-23 vs Vietnam

Bola Timnas U-23 Timnas U-22 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 10 Desember 2019 11:06
Jakarta: Timnas Indonesia U-23 akan kembali menghadapi Vietnam di ajang SEA Games 2019 cabang olahraga (cabor) sepak bola, Selasa 10 Desember pukul 19.00 WIB. Kali ini bakal lebih krusial karena memainkan fase final.
 
Sebelumnya, timnas U-23 bentrok dengan Vietnam pada laga penyisihan Grup B SEA Games 2019. Hasilnya tidak terlalu bagus karena Garuda Muda kalah dengan skor 1-2 pada pengujung laga.
 
Sama seperti fase grup, pertandingan nanti juga bakal berlangsung di Stadion Rizal Memorial yang punya kenangan manis untuk timnas U-23. Di lokasi inilah, Indonesia terakhir kali menyabet emas SEA Games 1991.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Berdasar statistik, kekuatan timnas U-23 dengan Vietnam tidak terlalu jauh. Mereka sama-sama sudah mengumpulkan 21 gol dan kebobolan 4 kali. Selain itu, Osvaldo Haay danHa Duc Chinh juga kompak mengoleksi 8 gol.
 
Masih banyak fakta menarik lainnya jelang timnas U-23 vs Vietnam. Berikut rangkuman medcom.id:
 
- Ha Duc Chinh dan Osvaldo Haay sama-sama sudah mengoleksi 8 gol di SEA Games 2019.
 
- Timnas U-23 selalu mencetak gol lebih dulu saat menghadapi semua lawan di SEA Games 2019. Termasuk saat kalah 1-2 dari Vietnam di penyisihan Grup B.
 
- Indonesia dan Vietnam sama-sama sudah mencetak 21 gol dan kebobolan 4 gol di ajang SEA Games 2019.
 
- 5 dari 21 koleksi gol Vietnam dicetak jelang laga berakhir.
 
- Indonesia terakhir kali ke final SEA Games pada 2013 dan hasilnya kalah dari Thailand 0-1.
 
- Medali emas SEA Games terakhir Indonesia didapat setelah menaklukkan Vietnam di Stadion Rizal Memorial pada 1991. Nanti, kedua tim akan kembali tampil di lokasi yang sama.
 
- Vietnam terakhir kali menyabet emas SEA Games cabor sepak bola pada 1959 atau 60 tahun silam
 
- Indra Sjafri pernah mengawal timnas U-19 yang diperkuat Evan Dimas untuk menjuarai Piala AFF 2019. Menariknya, mereka juga menghadapi Vietnam di final.
 
- Selain Ha Duc Chinh, Vietnam juga punya striker Nguyen Tien Linh yang sudah mengoleksi 6 gol. Berkat gol Chinh dan Linh, Vietnam bisa menang 4-0 atas Kamboja di semifinal.
 
- Terdapat sembilan pemain berbeda yang mencetak gol untuk Vietnam. Fakta ini juga dialami timnas U-23.

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif