Penyerang UEA, Ali Mabkhout (kanan), merayakan golnya ke gawang Indonesia (AFP/Karim Sahib)
Penyerang UEA, Ali Mabkhout (kanan), merayakan golnya ke gawang Indonesia (AFP/Karim Sahib)

Timnas Disebut Kalah Kelas dari UEA

Bola Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Alfa Mandalika • 11 Oktober 2019 18:05
Jakarta: Timnas Indonesia kembali menelan pil pahit di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuat Garuda dikalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 0-5 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis 10 Oktober.
 
Hasil yang membuat Indonesia menelan kekalahan ketiga beruntun di Grup G ajang tersebut. Kondisi yang memperberat langkah Andik Vermansyah dan kolega menggapai asa lolos Piala Dunia.
 
Pelatih Simon McMenemy menilai persiapan minim menjadi biang kerok hasil minor dari tiga pertandingan yang sudah dijalani.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Sulit memang melawan tim bagus yang sudah memiliki persiapan matang dengan kondisi yang baik, tapi kami sudah berusaha," ujar Simon di situs resmi PSSI.
 
"Pemain sudah memberikan segalanya di lapangan. Meski kondisi pemain tidak 100 persen. Karena kami harus mempersiapkan tim sebaik mungkin dalam waktu cukup singkat."
 
"Tapi tadi mereka tunjukkan segala daya dan upaya serta usaha mereka dengan permainan pantang menyerah. Situasi yang sama kami alami di dua pertandingan sebelumnya," pungkas pelatih asal Skotlandia itu.
 
Apologi Simon tersebut mungkin menjadi salah satu aspek hasil minor tim Garuda. Selain, tentu ada faktor individu pemain dan taktik yang kurang tajam.
 
Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengutarakan pendapatnya soal kekalahan timnas. Ia menilai timnas kalah segalanya dari UEA sehingga kekalahan 5-0 tidak mengejutkan baginya.
 
"Saya sudah prediksi timnas kalah telak. Di kandang saja di gasak Malaysia dan Thailand, apalagi lawan UEA di kandang lawan. Kelas kita jauh dari UEA," ujar Ropan sapaan karib Ronny Pangemanan kepada medcom.id, Jumat 11 Oktober 2019.
 
"Mereka udah maju tiga langkah di depan kita, sementara kita jalan di tempat kalau tak mau dibilang mundur. Apapun alasannya sepak bola kita kalah dari semua aspek," sambungnya.
 
Kekalahan dari UEA membuat Indonesia masih belum beranjak dari posisi juru kunci. Skuat Garuda masih terdampar di urutan di posisi kelima dengan belum meraih poin.
 
Indonesia sudah tertinggal enam poin dari UEA di puncak klasemen, dan empat poin dari Thailand di urutan kedua. Skuat Garuda Muda selanjutnya akan menghadapi Vietnam pada 15 Oktober mendatang.
 
Video: UEA Gilas Indonesia 5-0
 

 

(ASM, GRG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif