Piala AFF 2018

Fakta Menarik Jelang Piala AFF 2018

Gregorius Gelino 07 November 2018 13:19 WIB
piala aff
Fakta Menarik Jelang Piala AFF 2018
Timnas Indonesia (foto: pssi.org)
Jakarta: Piala AFF 2018 akan dimulai pada Jumat, 8 Oktober besok. Kompetisi yang diikuti negara-negara Asia Tenggara ini menjanjikan laga kompetitif yang seru dan patut dinantikan.

Untuk menemani euforia Piala AFF edisi ke-12 nanti, medcom.id pun telah menyiapkan beberapa fakta menarik seputar Piala AFF. Sejak mulai dihelat pada 1996, Piala AFF menyajikan beberapa statistik menarik, berikut rangkumannya:

Baca juga: Keputusan Hazard Bertahan di Chelsea Dinilai Tepat


1. Kurang Beruntung
Skuat Garuda adalah tim yang paling tidak beruntung di final. Dalam lima penampilannya di partai pamungkas, Indonesia tidak pernah sekalipun keluar sebagai juara.

2. Tim Tersukses
Thailand tercatat sebagai tim yang paling sering menjadi juara di Piala AFF. Total lima trofi diggondol tim Gajah Putih dari delapan penampilan di babak final.

3. Top Skorer Sepanjang Masa
Penyerang legendaris Singapura, Noh Alam Shah, merupakan striker tersubur di Piala AFF. Total 17 gol dicetak penyerang 38 tahun itu. Pesaing terdekatnya adalah penyerang legendaris Vietnam, Le Cong Vinh dan striker tajam Thailand, Teerasil Dangda, yang sama-sama mengemas 15 gol.

4. Indonesia Catatkan Kemenangan Terbesar
Meski selalu gagal di partai final, Indonesia memiliki catatan membanggakan. Kemenangan tebesar di Piala AFF dicatatkan Tim Merah Putih ketika membantai Filipina dengan skor telak 13-1 2002 silam.

5. Pencetak Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan
Nama Noh Alam Shah kembali muncul dalam buku rekor Piala AFF. Penyerang asal Singapura itu memegang rekor gol terbanyak dalam satu laga dengan tujuh gol ketika Singapura membantai Laos 11 gol tanpa balas di tahun 2011.

Video: Kalahkan Korsel, Timnas Arab Saudi Juarai Piala Asia U-19 2018

 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id