Logo Piala Dunia U-20 (Foto: PSSI)
Logo Piala Dunia U-20 (Foto: PSSI)

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Keuntungan bagi Benua Asia

Bola timnas u-19 liga dunia Piala Dunia U-20 Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Patrick Pinaria • 25 Oktober 2019 16:20
Jakarta: Piala Dunia U-20 2021 akan diikuti 24 tim peserta. Indonesia dipastikan menjadi salah satu tim yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut.
 
Kepastian Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 itu tak lepas dari statusnya sebagai tuan rumah. FIFA memutuskan Tanah Air menjadi tuan rumah turnamen paling bergengsi di dunia itu usai menggelar rapat dewan pada Kamis 24 Oktober.
 
Indonesia sejatinya punya dua pesaing yang cukup berat dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kedua pesaing itu di antaranya adalah Brasil dan Peru.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun, Brasil memutuskan mundur sehari sebelum pertemuan dewan digelar. Sementara itu, Peru tetap maju bersaing dengan Indonesia. Hingga akhirnya, FIFA menjatuhkan pilihan kepada Indonesia sebagai tuan rumah.
 
Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah menjadi kebanggaan tersendiri buat benua Asia. Bukan apa-apa. Dengan Indonesia terpilih, kini jatah negara-negara Asia untuk tampil di Piala Dunia bertambah.
 
Sesuai peraturan, FIFA hanya memberikan jatah empat negara untuk tampil di Piala Dunia U-20. Namun, wakil benua Asia (AFC) di Piala Dunia dipastikan bertambah menjadi lima negara seiring terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah. Indonesia pun sudah dipastikan lolos otomatis bermain di babak utama turnamen.
 
Namun, AFC bukan satu-satunya federasi mendapat jatah terbanyak. Jumlah jatah mereka juga sama dengan diberikan kepada federasi benua Eropa (UEFA), yakni lima negara.
 
Berbeda dengan empat federasi lainnya seperti OFC (Oseania), Afrika (CAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), dan Amerika Utara-Tengah (CONCACAF). Mereka masing-masing hanya mendapat jatah empat negara.
 
Ke-24 negara yang dipastikan bermain di Piala Dunia 2021 akan dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup akan diisi empat negara. Setelah itu, dua tim yang berhasil menempati posisi dua besar masing-masing grup akan lolos ke babak 16-besar. Kemudian, empat tim yang menempati peringkat ketiga tim terbaik dipastikan lolos ke babak 16-besar.
 
Jika menilik peluang di Piala Dunia U-20, perjalanan Indonesia di turnamen ini memang cukup berat. Mengingat, mereka akan bersaing dengan tim-tim elite di seluruh dunia.
 
Namun, mereka setidaknya bisa berkaca pada sejarah tim-tim Asia lainnya di turnamen ini. Sejauh ini, sebanyak tiga tim Asia yang berhasil menempati posisi runner-up. Di antaranya adalah Qatar, Jepang, dan Korea Selatan.
 
Meski demikian, Argentina tentu menjadi tim yang harus diwaspadai Indonesia. Sebab, mereka merupakan negara paling berprestasi di ajang ini. Tercatat, Argentina sudah memenangkan enam gelar.
 
Ukraina juga patut diwaspadai di turnamen ini. Mereka baru saja meraih gelar Piala Dunia U-20 2019. Ini pun menjadi sejarah baru bagi Ukraina karena mereka meraih gelar perdana di Piala Dunia U-20.
 

Video: Lampard Puji Penampilan Impresif Batshuayi dan Pulisic
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif