Skuat Nigeria (AFP/KHALED DESOUKI)
Skuat Nigeria (AFP/KHALED DESOUKI)

Nigeria Melaju ke Semifinal Piala Afrika 2019

Bola piala afrika 2019
Riyan Ferdianto • 11 Juli 2019 06:32
Jakarta: William Troost-Ekong mencetak gol kemenangan dramatis untuk mengirim Nigeria ke semifinal Piala Afrika setelah menyingkirkan Afrika Selatan 2-1, di Cairo Internasional Stadium, Mesir, Kamis 11 Juli dini hari WIB. Samuel Chukwueze membukakan gol pembuka (27') dan disamakan Bongani Zungu (71') namun akhirnya Wiliam mampu mencetak gol kemenangan (88').
 
Super Eagles, julukan timnas Nigeria, mampu mendominasi laga dengan serangan-serangan yang kerap membuat lini belakang Afrika Selatan kewalahan. Alhasil, Nigeria melalui penyerang muda Udinese, Samuel Chukwueze mampu menggetarkan jala Afrika Selatan di pertengahan babak awal.
 
Gol penyeimbang baru datang pada pertengahan babak kedua itu pun sempat menjadi kontroversi karena disangka masuk jebakan offside sebelum wasit memastikannya melalui video pembantu wasit (VAR). Sepakan Bongani Zungu pada menir 71 itu membuat skor imbang 1-1.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun sebelum laga usai, William yang sejak menit awal kerap merepotkan lini belakang Afrika Selatan akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari sepak pojok Moses Simon, William mengarahkan bola dengan lututnya ke jala dan kiper lawan terkecoh sehingga Nigeria keluar sebagai pemenang.
 
Kemenangan ini memastikan langkah armada The Super Eagles ke babak semifinal Piala Afrika 2019. Di babak semifinal nanti, Nigeria akan berhadapan dengan pemenangan laga antara Pantai Gading kontra Aljazair yang akan berlangsung pada 15 Juli mendatang.
 
Susunan Pemain:
 
Nigeria: Daniel Akpeyi, Chidozie Awaziem, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Jamilu Collins, Peter Etebo, Wilfried Ndidi, Samuel Chukwueze, Alex Iwobi (Leon Balogun'90), Ahmed Musa (Moses Simon'81), Odhion Ighalo.
 
Afrika Selatan: Ronwen Williams, Thamsanqa Mkhize, Thulani Hlatshwayo, Buhle Mkhwanazi, Sifiso Hlanti, Bongani Zungu, Dean Furman, Kamohelo Mokotjo, Percy Tau, Thembinkosi Lorch (Themba Zwane'59), Lebo Mothiba.
 
Video: Serena dan Halep Lolos ke Semifinal

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif