Suasana laga timnas Zimbabwe vs Kongo. (Jekesai NJIKIZANA / AFP)
Suasana laga timnas Zimbabwe vs Kongo. (Jekesai NJIKIZANA / AFP)

Kualifikasi Piala Afrika 2019 Telan Korban Jiwa

Bola liga dunia piala afrika 2015
Kautsar Halim • 25 Maret 2019 19:21
Harare: Pertandingan Zimbabwe kontra Kongo di laga terakhir fase grup kualifikasi Piala Afrika 2019 menelan korban jiwa. Kabar kurang sedap ini sudah dikonfirmasi oleh Asosiasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA).
 
"Ucapan bela sungkawa kami tujukan kepada keluarga dan teman-teman dari suporter The Warriors yang tewas saat pertandingan kemarin," tulis pernyataan dalam situs resmi ZIFA, Senin 25 Maret.
 
The Warriors--julukan timnas Zimbabwe bentrok dengan Kongo untuk memainkan laga pamungkas Grup G di Stadion Nasional, Harare, Minggu 24 Maret. Pertandingan itu mendapat respons luar biasa dari publik tuan rumah karena menjadi penentu untuk lolos fase grup.

Klik:Indra Sjafri Tidak Menyesalkan Susunan Pemain saat Hadapi Vietnam


Namun, antusiasme besar itu malah berbuah malapetaka. Mai Tadiwa, salah satu suporter wanita Timnas Zimbabwe terpaksa meregang nyawa lantaran terinjak-injak pendukung negaranya sendiri di depan gerbang masuk.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Menurut Reuters, tidak ada penjagaan ketat dari pihak keamanan maupun panitia pertandingan di gerbang stadion berkapasitas 80 ribu orang tersebut. Para suporter memang kerap datang melebihi kapasitas karena banyak beredar tiket palsu.

Klik:Madrid Rindu Cristiano Ronaldo


ZIFA pun tidak bisa berbuat banyak dengan insiden tragis ini. Mereka hanya bertekad mencari solusi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.
 
"Kami akan mencari jalan keluar terhadap gerbang masuk stadion agar peristiwa malang ini tidak terulang," tulis pernyataan di situs resmi ZIFA.
 
Meski begitu, kematian Mai tampaknya tidak sia-sia karena Zimbabwe berhasil mengalahkan Kongo dengan skor 2-0. The Warriors lolos sebagai juara Grup G dan akan menghadapi Mesir pada fase selanjutnya. (Reuters)
 
Suasana pintu masuk Stadion Nasional jelang laga Zimbabwe vs Kongo:
 

 

(KAU)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif