Piala Asia U-19: Peta Persaingan dan Profil Kontestan Grup C
Para pemain timnas Korea Selatan U-19 (Foto: AFC)
Jakarta: Grup C Piala Asia U-19 2018 bukan tergolong grup neraka. Namun, persaingan dalam grup tersebut tetap menarik diikuti lantaran diisi dua tim besar Asia seperti Korea Selatan dan Australia. Grup ini diprediksi akan menjadi panggung bagi kedua tim tersebut.

Jika melihat rekam jejak di turnamen Piala Asia U-19, Korea Selatan menjadi tim paling difavoritkan di Grup C. Mengingat, mereka menjadi satu-satunya tim paling berpengalaman di grup tersebut dalam hal meraih gelar.

Tak main-main, tim yang berjuluk Taegeuk Warriors tersebut mengoleksi 12 trofi di Piala Asia U-19. Trofi ke-12 didapat mereka pada 2012. Saat Piala Asia U-19 digelar di Uni Emirat Arab.


Baca: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-19 vs Taiwan

Perjalanan Korea Selatan pada babak kualifikasi Piala Asia U-19 juga menjadi salah satu bukti sahih kekuatan dan kesiapan mereka menghadapi turnamen ini. Sepanjang babak kualifikasi, mereka mampu finis sebagai juara Grup F dengan rekor kemenangan sempurna.

Sementara itu, catatan Australia di Piala Asia U-19 memang masih kalah dari Korea Selatan. Mereka sejauh ini belum pernah meraih gelar di turnamen ini. Catatan terbaik mereka adalah meraih runner-up pada 2010.

Namun, Australia tetap diperhitungkan sebagai tim kuat di Grup C. Pasalnya, tim yang berjuluk Young Socceroos tersebut juga tampil sempurna pada babak kualifikasi. Mereka juga finis sebagai juara grup dengan mencatatkan kemenangan sempurna.

Meski akan menjadi unggulan di grup C, Korea Selatan dan Australia harus mewaspadai kekuatan kedua tim lainnya seperti Yordania dan Vietnam. Rasanya bukan hal mustahil bagi kedua tim membuat kejutan di grup ini. 

Kedua tim ini juga sudah membuktikan mampu tampil impresif pada babak kualifikasi. Pada babak itu, Yordania dan Vietnam sama-sama menjadi juara grup guna lolos ke babak penyisihan grup.

Baca: Nil: PS Tira Butuh Perjiuangan Luar Biasa untuk Bertahan

Namun, dari kedua tim tersebut, Vietnam harus paling diwaspadai Korsel dan Australia. Sejauh ini, mereka melakukan persiapan sangat matang demi memperkuat diri sebelum tampil di Piala Asia U-19. Tak tanggung-tanggung, mereka rela menghadapi tim-tim kuat seperti Jepang, Pantai Gading, dan Uruguay di laga uji coba jelang turnamen.

Hanya saja, hasil yang mereka dapatkan belum memuaskan. Dari ketiga lawan tangguh tersebut, Vietnam hanya mampu menaklukkan Pantai Gading. Mereka sukses menang dengan skor 3-1. Sisanya, Vietnam harus puas menelan kekalahan dari Jepang (0-2) dan Uruguay (1-2).

Adapun penyisihan Grup C akan dimulai pada Jumat 19 Oktober. Sebagai partai pembuka, Vietnam akan menghadapi Yordania pada pukul 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan Korea Selatan kontra Australia pada pukul 19.00 WIB.


Profil Tim Grup C Piala Asia U-19:
-Australia
Partisipasi: 6 kali
Prestasi terbaik: Runner-up 2010
Pemain bintang: Moudi Najjar
Pelatih: Ante Milicic

-Yordania
Partisipasi: 6 kali
Prestasi terbaik: Peringkat keempat 2006
Pemain bintang: M. Almotabel
Pelatih: Ahmad Abdel

-Korea Selatan
Partisipasi: 37 kali
Prestasi terbaik: 12 kali juara
Pemain bintang: Lee Seung Woo
Pelatih: Chung Jung-Yong

-Vietnam
Partisipasi: 18 kali
Prestasi terbaik: Semifinal 2016
Pemain bintang: Nguyen Quang Hai
Pelatih: Hoang Anh Tuan


Video: Kerangka Skuat Timnas di Piala AFF Mulai Terbentuk

 



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id