Ezra Walian (Medcom/Rendy Renuki H)
Ezra Walian (Medcom/Rendy Renuki H)

PSSI Klaim Ezra Walian Bisa Tampil di SEA Games 2019

Bola timnas u-23
Rendy Renuki H • 11 Juni 2019 00:23
Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan status Ezra Walian di Timnas Indonesia U-23. Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengklaim Ezra bisa tampil memperkuat Garuda Muda di SEA Games 2019 Manila.
 
Status Ezra memang sempat bermasalah saat Timnas U-23 tampil di Kualifikasi Piala Asia. Di mana ia tidak boleh bermain untuk Garuda Muda pada Maret 2019 lalu di Hanoi karena terganjal status kewarganegaraan di Statuta FIFA.
 
Di mana status kewarganegaraan tersebut tercantum dalam Statuta FIFA Pasal 8 ayat 1. Ezra dinilai telah berkewarganegaraan Belanda karena sempat bermain untuk Timnas Belanda U-17.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun, Tisha memastikan jika Ezra kali ini bisa bermain di SEA Games. Pasalnya, multievent dua tahunan Asia Tenggara itu bukan berada di bawah naungan FIFA.
 
"Yang jelas kalau SEA Games 2019 Ezra Walian tak dipermasalahkan bermain untuk Timnas U-23. Karena SEA Games tidak di bawah yuridiksi FIFA Competition," kata Tisha kepada awak media beberapa hari lalu.
 
Ia mengakui PSSI masih memperjuangkan status Ezra ketika bermain pada ajang di bawah naungan FIFA. PSSI berusaha memperjuangkan pendaftaran status kewarganegaraan pemain 21 tahun tersebut.
 
"Kami berkomunikasi dengan FIFA dan juga sudah menunjuk pengacara, bahkan international link untuk bisa mengusahakan hal ini," tutur Tisha.
 
"Tidak mudah, karena sang pemain belum mengganti Timnas pada saat dia sudah bermain dengan Belanda U-17. Dia belum mengubah Timnas sebelum melakukan naturalisasi."
 
"Regulasi FIFA sangat ketat. Sampai saat ini, kami masih menunggu jawaban konkret dari FIFA bagaimana agar Ezra Walian bisa memperkuat Timnas U-23," pungkasnya.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif