Para pemain Qatar merayakan gelar juara Piala Asia 2019 yang mereka raih usai mengalahkan Jepang 3-1 di babak final (Foto: Giuseppe CACACE / AFP)
Para pemain Qatar merayakan gelar juara Piala Asia 2019 yang mereka raih usai mengalahkan Jepang 3-1 di babak final (Foto: Giuseppe CACACE / AFP)

Cetak Sejarah, Qatar Juara Piala Asia 2019

Bola piala asia 2019
Riyan Ferdianto • 01 Februari 2019 23:21
Qatar berhasil mengukir sejarah di pentas Piala Asia 2019 usai mengalahkan Jepang di final. Untuk pertama kalinya Qatar berhasil meraih trofi Piala Asia.
 
Dubai: Qatar memastikan diri menjadi juara Piala Asia 2019. Gelar itu diraih usai membungkan Jepang 3-1 pada partai final, Jumat 1 Februari 2019.
 
Dalam pertandingan di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar di luar dugaan mampu memberikan perlawanan sengit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Qatar bahkan sukses membuat kejutan dengan unggul lebih dulu pada menit ke-12. Tendangan salto Almoez Ali berhasil merobek gawang Jepang yang dikawal oleh Shuichi Gonda.
 
Kejutan Qatar berlanjut di menit ke-26. Mereka berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Abdulaziz Hatem. Tembakan keras Hatem dari luar kotak penalti gagal dibendung Gonda.
 
Jepang mencoba bermain lebih agresif guna memperkecil ketertinggalan di menit-menit akhir pertandingan. Namun hingga babak pertama usai skor 2-0 untuk keunggulan Qatar tidak berubah.
 
Usai jeda, Jepang langsung berinisiatif mengambilalih kendali permainan. Serangan demi serangan coba dilancarkan para penggawa Samurai Biru namun belum mampu menembus barisan pertahanan Qatar.
 
Asa bagi Jepang baru muncul pada menit ke-69. Takumi Minamino sukses membobol gawang Qatar sekaligus memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 1-2.
 
Usai gol tersebut, Jepang meningkatkan tempo pertandingan dengan melakukan beberapa serangan demi terciptanya gol penyama kedudukan. Peluang emas didapat Yuya Osako pada menit ke-73, namun sepakan kaki kanannya masih bisa dimentahkan Saad Al Sheeb.
 
Petaka untuk Jepang datang pada menit ke-83. Bukannya menyamakan kedudukan, gawang tim samurai biru justru kembali kebobolan pada menit ke-83. Kali ini gol Qatar dicetak oleh Akram Afif lewat titik putih menyusul handball yang dilakukan pemain Jepang saat mengantisipasi sepak pojok.
 
Jepang membombardir pertahanan Qatar di sisa waktu yang ada. Namun, pertahanan rapat yang diperagakan tim besutan Félix Sánchez Bas tidak dapat ditembus Jepang. Skor 3-1 untuk kemenangan Qatar tidak berubah.
 
Sukses jadi juara, Qatar menciptakan sejarah karena ini merupakan gelar pertama dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Asia. Hebatnya lagi, gawang Qatar hanya kebobolan satu gol sepanjang melakoni tujuh laga di Piala Asia 2019.
 
Susunan pemain:
 
Jepang: Shuichi Gonda; Hiroki Sakai,Maya Yoshida,Takehiro Tomiyasu,Yuto Nagatomo; Gaku Shibasaki,Genki Haraguchi,Tsukasa Shitomi, Ritsu Doan; Takumi Minamino, Yuya Osako
 
Qatar: Saad Al Sheeb; Abdulkarim Hasan,Tarek Salman,Boualem Khoukhi,Pedro Miguel; Abdulaziz Hatem,Assim Madibo; Akram Afif, Hassan Al Haidos, Bassam Hisham; Almoez Ali.
 
Video: Terima Kasih Butet!
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif