Robin Van Persie (Foto: AFP/Olaf Kraak)
Robin Van Persie (Foto: AFP/Olaf Kraak)

Van Persie Resmi Pensiun

Bola liga dunia van persie
Patrick Pinaria • 13 Mei 2019 14:15
Rotterdam: Robin Van Persie resmi pensiun sebagai pesepak bola profesional. Laga antara Feyenoord kontra ADO Den Haag pada pekan terakhir Eredivisie, Minggu 12 Mei, menjadi akhir perjalanan karier striker asal Belanda itu.
 
Van Persie sudah mengumumkan keputusan pensiun itu sehari sebelum pertandingan tersebut. Saat itu, ia juga mengaku sudah memantapkan rencana pensiunnya sejak awal musim 2018--2019.
 
Sial bagi Van Persie. Saat memainkan laga terakhir bersama Feyenoord, ia justru harus merasakan kekalahan dari Den Haag dengan skor 0-2.

Baca: Top Skor Liga Inggris: Salah, Mane dan Aubameyang


Feyenoord sebetulnya masih memiliki sisa satu pertandingan. Mereka akan bertandang ke markas Fortuna Sittard pada Kamis 16 Mei. Laga ini merupakan laga pekan ke-33 yang seharusnya digelar pada 28 April.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Laga tersebut ditunda karena ingin memberikan waktu istirahat untuk Ajax Amsterdam yang sedang persiapan menghadapi Tottenham Hotspur. Namun, Van Persie memastikan tidak akan tampil pada laga tersebut.
 
"Saya senang membuat pilihan itu. Sebab, saya sudah mempersiapkan mental untuk mengambil keputusan ini dalam waktu satu tahun penuh," ujar Van Persie.
 
"Jika saya mempersiapkan hanya dalam hitungan beberapa minggu, akan sulit untuk mengambil keputusan ini," tambahnya.
 
Van Persie mengawali karier profesionalnya bersama Feyenoord pada musim 2001--2002. Setelah tiga musim memperkuat Feyenoord, ia direkrut Arsenal.

Baca: Solskjaer Malu Dapat Tepuk Tangan dari Fan


Bersama Arsenal, karier Van Persie semakin melejit. Ia sukses menyumbang 132 gol dari 278 penampilannya untuk The Gunners selama delapan musim. Ia juga membantu Arsenal meraih dua gelar, yakni gelar Piala FA dan gelar Community Shield.
 
Kemudian, Van Persie memutuskan pindah ke Manchester United pada musim 2012--2013. Selama berseragam Red Devils, striker asal Belanda itu mampu mencicipi dua gelar, yakni Liga Primer Inggris dan Community Shield. Setelah itu, Van Persie pindah ke Fenerbahce pada musim 2015--2016, sebelum kembali ke Feyenoord selang dua setengah musim.
 
Karier Van Persie bersama timnas Belanda juga cukup oke. Ia sukses menyumbang 50 gol dalam 102 penampilanya bersama De Oranje di seluruh ajang. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Belanda. (Goal)
 

Video: Cedera Hamstring, Kante Terancam Absen 2 Pertandingan
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif