Osvaldo Haay (kanan) merayakan gol bersama rekannya Saddil Ramdani. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Osvaldo Haay (kanan) merayakan gol bersama rekannya Saddil Ramdani. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

SEA Games 2019: Bantai Laos, Timnas U-23 ke Semifinal

Bola Timnas U-23 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 05 Desember 2019 17:17
Imus: Timnas U-23 memastikan diri ke semifinal SEA Games 2019. Tren positif itu mereka raih setelah menaklukkan Laos pada laga terakhir Grup B, sambil melihat hasil imbang Thailand dengan Vietnam.
 
Pertandingan timnas U-23 kontra Laos bergulir di Stadion City of Imus Grandstand, Kamis 5 Desember. Garuda Muda tampil dominan dengan mencetak empat gol tanpa balas.
 
Timnas U-23 sudah langsung unggul saat laga baru bergulir empat menit. Golnya dicetak Saddil Ramdani dengan tendangan bebas yang jaraknya tidak jauh dari kotak penalti.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Meski tertekan, Laos sempat beberapa kali membahayakan gawang Indonesia. Salah satunya lewat tendangan bebas yang ditepis kiper Nadeo Arga Winata pada menit ke-39.
 
Sejatinya, Laos masih berusaha keluar dari tekanan hingga turun minum. Tapi pertahanan Indonesia tetap kokoh dan gol balasan pun tak kunjung tercipta.
 
Memainkan babak kedua, Indonesia langsung tampil menggebrak. Gol tambahan yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta lewat performa gemilang Osvaldo Haay pada menit ke-47.
 
Tekanan yang diberikan timnas U-23 membuat pemain Laos sering melakukan pelanggaran, tak terkecuali di kotak penalti. Situasi itu membuat Garuda Muda mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-73.
 
Bagas Adi Nugroho yang ditunjuk sebagai eksekutor sempat gagal menjalankan tugas karena tendangan penaltinya ditepis kiper Laos, Solasa Thilavong. Beruntung, tepisan Solasa memantul kembali ke arah Bagas hingga akhirnya gol tetap tercipta.
 
Menjelang laga berakhir, Osvaldo kembali mencetak gol pada menit 90+4. Kedudukan 4-0 masih bertahan hingga peluit panjang berbunyi.
 
Dengan kemenangan ini, artinya Indonesia finis sebagai runner up Grup B dengan koleksi 12 poin. Thailand harus terima tersingkir karena ditahan imbang Vietnam dengan skor, 2-2. Hasil tersebut membuat Vietnam tetap berada di puncak klasemen dengan koleksi 13 poin.
 
Selanjutnya pada semifinal, Sabtu 7 Desember, timnas U-23 sudah ditunggu Myanmar yang berstatus sebagai juara Grup A. Sementara itu, tim terbaik Grup B Vietnam akan berhadapan dengan Kamboja.
 
Starting XI
 
Indonesia U-23: Nadeo Argawinata; Andy Setyo Nugroho (C), Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam bahar; Evan Dimas, Zulfiandi, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Osvaldo Ardiles Haay
 
Laos U-23: Solasa Thilavong; Bounphitak Chanthalangsy, Kittisak Phomvongsa, Aphixay Thanakhanty, Kaharn Phetsivilay, Vanna Bounlovongsa, Loungleuang Keophouvong, Somsavath Sophabmixay, Somlith Sengvanny; Somxay Keohanam, Souk Aphone Vongchiengkham (C).

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif