Momen saat gelandang Peru Yoshima Yotun (kiri kedua) berselebrasi usai membobol gawang Cile (Foto: AFP/Raul Arboleda)
Momen saat gelandang Peru Yoshima Yotun (kiri kedua) berselebrasi usai membobol gawang Cile (Foto: AFP/Raul Arboleda)

Bantai Cile, Peru Tantang Brasil di Final

Bola liga dunia copa america Timnas Peru
Patrick Pinaria • 04 Juli 2019 10:06
Peru sukses lolos ke babak final Copa America 2019 usai menyingkirkan Cile. Ini menjadi final pertamanya di turnamen tersebut sejak 44 tahun.
 
Porto Alegre
: Peru akan menantang Brasil di babak final Copa America 2019. Itu bisa terjadi setelah tim yang berjuluk La Blanquirroja tersebut mampu membantai Cile dengan skor telak 3-0 pada babak semifinal, Kamis 4 Juli pagi hari WIB.
 
Hasil yang tentu sangat mengejutkan. Apalagi, Cile secara statistik sangat dominan pada laga yang digelar di Stadion Arena do Gremio tersebut. Tercatat, Cile bermain dengan penguasaan bola sebanyak 65,2 persen berbanding 34,8 persen dari Peru.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Cile juga sangat agresif sepanjang pertandingan. Statistik mencatat tim besutan Reinaldo Rueda itu melepaskan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 19 peluang. Sedangkan Peru hanya menghasilkan tiga tembakan mengarah ke gawang dari sembilan peluang.
 
Akan tetapi, Peru tampil sangat disiplin saat bertahan dan produktif dalam menyelesaikan peluang. Buktinya, tiga gol berhasil dihasilkan mereka pada laga tersebut.

Baca: Resmi Boyong Joao Felix, Atletico Pecahkan Rekor Transfer


Gol pembuka berhasil dicetak Peru pada menit ke-21. Edison Flores menjadi pencetak gol pertama itu usai memanfaatkan umpan Andre Carrillo.
 
Selang 17 menit, Peru kembali mengejutkan Cile dengan gol Victor Yoshimar Yotun. Lagi-lagi, Carrillo menjadi kreator dari gol Peru. Ia sukses mengirimkan umpan yang berhasil diteruskan Yotun.
 
Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta lagi. Peru unggul dengan skor 2-0.
 
Memasuki babak kedua, Cile mencoba untuk meningkatkan agresivitas demi mengejar ketinggalan. Akan tetapi, upaya mereka tidak ada yang berbuah maksimal.

Baca: Inter Siap Mati-matian untuk Dapatkan Lukaku


Alih-alih membalikkan keadaan, Cile justru dibuat semakin menderita karena gol ketiga Peru pada masa injury time (90+1'). Saat itu, gawang kiper Cile Gabriel Arias dibobol oleh striker Peru Jose Paolo Guerrero yang menuntaskan operan Renato Tapia.
 
Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Peru memastikan kemenangan dengan skor 3-0 sekaligus lolos ke babak final Copa America 2019. Di babak tersebut, Peru akan berduel dengan Brasil pada Senin 8 Juli dini hari WIB.
 
Ini juga menjadi pertemuan kedua Peru dengan Brasil di Copa America 2019. Sebelumnya, mereka berduel dengan Brasil di babak penyisihan Grup A, 23 Juni. Saat itu, Peru dibantai Selecao dengan skor telak 0-5.
 
Bagi Peru, pencapaian ke final ini menjadi torehan istimewa. Sebab, untuk pertama kali, mereka sukses lolos ke final setelah 44 tahun.
 
Terakhir kali, Peru lolos ke babak final pada 1975. Saat itu, mereka juga sukses menjadi juara usai mengalahkan Kolombia.
 

Susunan pemain:
 
Cile: Arias, Beausejour, Maripan/Castillo (89'), Medel, Isla, Vidal, Pulgar, Aranguiz, Sanchez, Vargas, Fuenzalida/Sagal (46').
 
Peru: Gallese, Advincula, Zambrano, Abram, Trauco, Tapia, Yotun, Carrillo/Polo (71'), Cueva/Ballon (80'), Flores/Gonzales (50'), Guerrero.
 

Video: Ziyech Tolak Pindah ke Sevilla
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif