Suporter timnas Tiongkok. (Roslan RAHMAN / AFP)
Suporter timnas Tiongkok. (Roslan RAHMAN / AFP)

Tiongkok Tuan Rumah Piala Asia 2023

Bola liga dunia
Riyan Ferdianto • 05 Juni 2019 06:06
Paris: Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi memutuskan Tiongkok sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kepastian itu didapat setelah Kongres Luar Biasa AFC yang digelar di Paris, Prancis, Selasa 4 Juni waktu setempat.
 
"Saya ingin mengucapkan selamat kepada masyarakat Republik Tiongkok dan Tiongkok Football Federation (CFA) yang menerima penghargaan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," ujar Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, dilansir dari laman resmi AFC.
 
Shaikh Salman mengatakan, Piala Asia merupakan momen yang penting untuk sepak bola di Asia dan sekitarnya. Tidak hanya itu, perhelatan kompetisi ini tidak ada batasan meskipun berlangsung di negara terpadat di dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Menjadi tuan rumah Piala Asia AFC akan memberi Tiongkok PR (pekerjaan rumah-red) fasilitas dan infrastruktur hebat untuk mengadakan turnamen sepak bola.
 
“Ini akan memberikan inspirasi bagi puluhan juta anak. Piala Asia dapat menjadi landasan peluncuran bagi tim-tim sepakbola Tiongkok yang hebat di masa depan dan yang lebih penting dapat menempatkan sepak bola sebagai olahraga nomor satu di negara ini," terangnya.
 
Ia mengatakan keputusan besar ini diharapkan bisa memperkuat atmosfer persepakbolaan di Tiongkok. Kemudian, AFC berharap dapat bekerja sama dengan mereka di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang.
 
"Kami telah melihat kebangkitan permainan di bawah arahan dan investasi pemerintah Tiongkok. Sekarang kami memiliki kesempatan melalui Piala Asia ini untuk mengembangkan warisan sejati dalam permainan dunia. Menjadi tuan rumah Piala Asia akan memberi Tiongkok fasilitas dan infrastruktur yang bagus dalam mengadakan turnamen sepak bola," pungkasnya.
 
Dari keputusan ini, Tiongkok menjadi tuan rumah Piala Asia untuk kali kedua setelah 2004. Ketika itu, jumlah peserta masih 16 tim dan saat ini menjadi 24 tim yang akan dilaksanakan pada Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.
 
Tiongkok terpilih setelah tiga negara lain mengundurkan diri menjadi kandidat tuan rumah yakni Indonesia, Thailand, dan Korea Selatan. Dengan begitu AFC langsung menentukan Tiongkok sebagai pelaksana pesta sepakbola Asia itu tanpa ada saingan.
 
Video: Libur Lebaran, Marko Simic Ikutan Mudik
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif