Penyerang AS, Christen Press, mencoba melewati bek Inggris, Millie Bright (AFP/Franck Fife)
Penyerang AS, Christen Press, mencoba melewati bek Inggris, Millie Bright (AFP/Franck Fife)

AS Segel Tempat di Final Piala Dunia Wanita 2019

Bola piala dunia wanita
Gregorius Gelino • 03 Juli 2019 05:48

Amerika Serikat menang 2-1 atas Inggris setelah Inggris gagal memanfaatkan penalti dan satu gol dianulir oleh VAR.


Lyon: Amerika Serikat memastikan diri tampil di partai pamungkas. Kepastian itu didapat usai menaklukkan Inggris di semifinal dengan skor tipis 2-1 pada Rabu, 3 Juli, dini hari tadi.
 
Inggris sebenarnya mampu mendominasi jalannya laga dengan 57 persen penguasaan bola dan empat tembakan akurat. Namun, AS lebih efisian dengan 43 persen penguasaan bola mereka.
 
AS langsung mengancam gawang Inggris ketika laga baru berjalan empat menit. Rose Lavelle memaksa kiper Inggris, Carly Telford melakukan penyelamatan gemilang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  AS akhirnya membuka skor di menit ke-10 melalui Christen Press. Kombinasi Tobin Heath dan Kelley O'Hara diakhiri dengan umpan silang nama terakhir yang menemui Press yang berhasil meloloskan diri dari kawalan Lucy Bronze.
 
Namun, Inggris berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-19. Ellen White mencetak gol keenamnya di Piala Dunia setelah memanfaatkan umpan silang Beth Mead.
 
Lavelle kembali mengancam gawang Telford di menit ke-25. Tembakan first time Lavelle berhasil diantisipasi dengan baik oleh Telford.
 
Namun, Telford kembali dipaksa memungut bola dari gawangnya di menit ke-31. Alex Morgan menanduk bola kiriman umpan silang Lindsey Horan.
 
Keira Walsh hampir menyamakan kedudukan bagi Inggris di menit ke-33. Beruntung bagi AS karena kiper mereka, Alyssa Naeher, melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawangnya.
 
Di babak kedua, Inggris kembali menerapkan skema ofensif. Hasilnya, mereka mendapat peluang emas di menit ke-49 melalui tandukan White memanfaatkan umpan Mead, namun Naeher kembali melakukan penyelamatan gemilang.
 
Morgan hampir mencetak gol keduanya di laga ini di menit ke-59. Umpan Telford dipotong oleh Morgan dan penyerang 30 tahun itu melepaska tembakan melengkung yang masih bisa ditepis Telford.
 
Pendukung Inggris sempat bersorak di menit ke-67 setelah White mencetak gol keduanya. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena setelah berkonsultasi dengan VAR dan memutuskan bahwa penyerang 30 tahun itu berada dalam posisi offside.
 
Inggris memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-84. White dijatuhkan Becky Sauerbrunn di kotak penalti, namun Steph Houghton yang menjadi algojo gagal menunaikan tugasnya.
 
Usaha Inggris untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah Millie Bright mendapat kartu kuning keduanya di menit ke-86 setelah menjatuhkan Morgan.
 
Hingga laga usai, skor 2-1 untuk keunggulan AS tetap bertahan. Mereka pun berhak ke final dan akan menghadapi pemenang duel antara Belanda melawan Swedia pada Kamis, 4 Juli, dini hari nanti.
 
Susunan pemain:
 
Inggris (4-2-3-1): Telford; Bronze, Houghton, Bright, Stokes; Scott, Walsh (Moore 71'); Daly (Stanway 89'), Parris, Mead (Kirby 58'); White
 
AS (4-3-3): Naeher; O'Hara (Krieger 87'), Dahlkemper, Sauerbrunn, Dunn; Lavelle (Mewis 65'), Ertz, Horan; Heath (Lloyd 80'), Morgan, Press
 
Video: Zaha Mimpikan Bermain di Arsenal
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif