Penampakan Jersey Barcelona untuk musim 2019--2020 (AFP/LLUIS GENE)
Penampakan Jersey Barcelona untuk musim 2019--2020 (AFP/LLUIS GENE)

Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020

Bola liga dunia
Riyan Ferdianto • 11 Juli 2019 13:42
Jakarta: Musim 2019--2020 tidak lama lagi segera dimulai. Klub-klub top Eropa tengah melakukan persiapan jelang musim baru tersebut, salah satunya merilis jersey mereka.
 
Dari kompetisi Liga Primer Inggris setidaknya tiga klub papan atas Chelsea, Liverpool, dan Arsenal telah memamerkan jersey anyar untuk musim depan. Tak hanya itu, seragam baru Manchester United (MU) juga sudah dirilis.
 
Selain itu, dari kompetisi La Liga, Serie-A dan Liga Prancis beberapa klub juga sudah resmi merilis jersey kandang maupun tandang mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Berikut Medcom.id telah merangkum jersey terbaru dari beberapa klub top Eropa untuk musim 2019--2020:

1. Barcelona

Pada pertengahan bulan kemarin raksasa katalan itu resmi merilis jersey baru mereka untuk musim 2019--2020. Namun, ada pemandangan tak lazim pada jersey kandang Azulgrana musim ini.
 
Raksasa katalan itu tak lagi memakai corak garis vertikal seperti jersey sebelumnya. Jersey kandang Barcelona musim depan keluar dari tradisi dengan mengusung motif papan catur (checkerboard).
 
Motif yang belum pernah sama sekali dipakai di kostum El Barca sepanjang sejarah klub. Namun, klub yang berdiri 1899 itu tetap memakai warna kebesaran mereka yakni biru-merah di jersey kandangnya tersebut.
 
Melansir Twitter resmi klub, Barcelona resmi merilis jersey baru yang anti-mainstream itu di Barcelona Store yang terletak di Stadion Camp Nou, Senin 3 Juni waktu setempat atau Selasa 4 Juni dini hari WIB.
 
Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, merilis langsung jersey baru Barcelona tersebut. Ia ditemani dua penggawa Azulgrana, Marc-andre Ter Stegen dan pemain muda Riqui Puig.
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Twitter Barcelona)

2. Real Madrid

Tidak beda jauh dengan musim kemarin, jersey kandang Real Madrid musim ini masih menggunakan warna kebanggaan yaitu putih. Warna putih kebesaran Madrid dipadukan dengan warna emas di lencana, logo sponsor, dan tiga garis khas Adidas. Motif kerah juga diubah, yang semula menggunakan kancing, kini dengan bentuk bundar beserta detail emas.
 
Sementara penampilan jersey tandang Real Madrid musim ini berwarna biru tua dengan garis warna emas menjadi ciri khas Real Madrid. Lambang Real Madrid dan sponsor pun menggunakan warna emas. Desain warna biru tua ini dipilih sebagai simbol sejarah klub yang berhasil meraih La Decima, sedangkan warna emas untuk melambangkan kesuksesan klub.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Twitter Real Madrid)

3. Liverpool

Liverpool, masih menggandeng apparel ternama asal Amerika Serikat, New Balance. Tak seperti jersey musim lalu, jersey baru ditandai adanya garis-garis vertikal di bagian depan. Logo klub dan logo New Balance akan berubah menjadi warna emas. Namun, tulisan sponsor utama, Standard Chartered, masih akan berwarna putih.
 
Perubahan mencolok ada di bagian kerah. Bila jersey musim lalu menggunakan kerah bergaya polo shirt, jersey baru musim depan menggunakan kerah bergaya kaos t-shirt biasa.
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Liverpool)

4. Manchester City

Juara Liga Primer Inggris musim 2018--2019 sedikit melakukan perubahan pada jersey musim 2019--2020. The Citizens yang sebelumnya berkerja sama dengan Nike kini telah beralih ke penyedia perlengkapan olahraga asal Jerman, Puma.
 
City sepakat dengan Puma hingga 10 tahun ke depan. Nilai kesepakatan tersebut dikabarkan mencapai Rp12 triliun.
Jersey kandang City terinspirasi dari perkembangan industri kapas di Manchester. Pola gelombang Woven Jacquard di sepanjang jersey adalah representasi dari alat tenun yang merupakan bagian perkembangan industri kapas di Manchester.
 
Gelombang Woven Jacquard akan tampak di jersey yang masih didominasi warna biru muda tersebut. Jersey kandang City juga dipercantik dengan garis warna ungu yang membentang di bahu. Warna ungu untuk pertama kalinya digunakan City dalam jersey kandang mereka.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Manchester City)

5. Manchester United

Manchester United juga melakukan sediki perubahan pada Jersey kandang mereka. Jersey baru Man United ini dibuat dengan detail spesial untuk memperingati keberhasilan The Red Devils –julukan Man United– meraih treble winners pada musim 1998-1999.
 
Jersey baru Man United masih akan didominasi warna kebesaran mereka yakni merah. Tidak ada lagi gradasi warna hitam pada bagian bawah jersey seperti musim 2018-2019.
Akan tetapi, ada garis hitam yang melingkari setengah kerah jersey. Kemudian, warnu ungu dengan corak khusus akan mendominasi jersey kiper United. Perbedaan paling menonjol ialah ditambahkannya badge pada logo United yang meniru desain jersey pada musim 1998-1999.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Manchester United)

6. Arsenal

Untuk musim 2019--2020 Arsenal resmi berkerjasama dengan aparel asal Jerman, Adidas. Kerja sama antara The Gunners dan Adidas yang dimulai musim 2019/20 adalah yang pertama kalinya selama 25 tahun terakhir. Kedua pihak pun sepakat untuk meluncurkan jersey bernuansa retro yang terinspirasi dari jersey klub pada periode 1986 hingga 1990.
 
Senada dengan musim-musim sebelumnya, jersey kandang Arsenal kali ini masih didominasi warna merah dengan bagian lengan berwarna putih.
 
Perbedaan utama yang ada, terdapat pada sisi kerah dan pundak yang menjadi ciri khas dari jersey-jersey yang diproduksi Adidas. Motif strip merah putih tak hanya ditonjolkan di bagian pundak, tapi juga bagian kerah.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto Twitter Arsenal)

7. Chelsea

Jersey kandang Chelsea untuk musim 2019--2020 sedikit unik. Masih menggunakan warna kebanggan yaitu biru, jersey aparel Nike ini terinspirasi oleh Stamford Bridge dengan gambar stadion kebanggaan The Blues tersebut terpajang di keseluruhan jersey.
 
Jersey Chelsea ini mengedepankan desain klasik dengan kerah berbentuk V, yang pada bagian dalamnya dihiasi monogram 'CFC' bercorak merah dan putih.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Chelsea)

8. Juventus

Jersey Juventus untuk musim depan sangat berbeda dengan seragam musim sebelumnya yang didominasi corak loreng hitam-putih ikonis. Juara Liga Italia musim 2018-2019 masih bekerjasama dengan aparel asal Jerman, Adidas.
 
Pada bagian depan jersey, warna hitam mengisi sisi kiri, sementara sisi kanan ditimpa warna putih. Di antara warna hitam dan putih tegas yang mengisi bagian depan, tedapat garis merah muda (pink) yang membatasi dua warna kontras tersebut.
 
Adapun loreng hitam-putih hanya ditemukan pada bagian pundak. Rancangan baru ini meninggalkan corak loreng hitam-putih seragam kandang yang sudah dikenakan Juve sejak 1903 alias 116 tahun silam.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
 
(Foto: Twitter Juventus)

9. AC Milan

Jersey Milan musim ini mendapat inspirasi dari sang pendiri klub, Herbert Kiplin. Milan menampilkan motif garis melengkung yang merepresentasikan sebagai sikap berani dari Kiplin.
 
Motif tersebut juga dimaknai sebagai "Kami akan menjadi tim iblis. Warna merah kami menandakan api dan warna hitam menggambarkan ketakutan tim lawan."
 
Menggandeng Puma sebagai produsen jerseynya, keduanya menghadirkan teknologi dryCELL di jersey tersebut. Teknologi ini diklaim akan menyerap keringat lebih baik sehingga badan terasa lebih ringan dan tidak lengket di kulit.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: AC Milan)

10. Inter Milan

Untuk musim 2019-2020 Inter Milan masih bekerjasama dengan salah satu brand terkenal di Amerika Serikat (AS), Nike. Jersey kandang ini memiliki desain yang berbeda dari sebelumnya.
 
Dilansir dari laman resmi klub, jersey ini mengambil inspirasi dari jersey tandang klasik yang dikenakan pada 1989-90. Garis-garis diagonal membentang di dada dan terdapat garis-garis vertikal hitam dan biru memotong garis diagonal tersebut.
 
Jersey musim lalu, garis diagonal itu tak disematkan dan garis vertikal bersambung hingga ke bagian bawah baju. Selanjutnya, bagian kerah diganti berwarna putih dengan tambahan strip putih di bagian lengan.
 
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Inter Milan)

11. Paris Saint-Germain

Juara Liga Prancis 2018--2019 Paris Saint-Germain merilis jersey kandang terbarunya untuk musim 2019-2020. Selain desain, PSG juga mengubah sponsor utamanya.
 
Sebelumnya, Emirates sudah menjalin kerja sama dengan klub raksasa Prancis ini beberapa musim terakhir. Seiring kontraknya habis pada 1 Juli ini, PSG pun mengganti sponsor utama mereka dengan Accor Live Limitless.
 
Dari desain, perubahan yang paling terlihat jelas adalah dari tampilan depannya. Kini, garis-garis tipis horizontal warna merah yang membentuk garis vertikal sudah tak lagi digunakan.
 
PSG pun menggantinya dengan tiga garis tebal vertikal dengan warna putih dan merah. Garis tersebut dipisahkan oleh logo sponsor utama mereka yang tepat berada di tengah bagian depan jersey.
 
Hal ini juga berlanjut ke sisi belakang jersey. Sebelumnya, PSG menyematkan tiga garis vertikal di bagian tengkuk leher. Sekarang, garis tersebut dipenuhi hanya berwarna merah dan bertuliskan emboss (timbul) "Paris".
 
Well, jersey klub manakah yang menurut Anda paling menarik?
Penampakan 11 Jersey Klub Top Eropa Musim 2019--2020
(Foto: Twitter Paris Saint-Germain)
 
Video: Serena dan Halep Lolos ke Semifinal

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif