Skuat Timnas U-23 saat merayakan gol ke gawang Iran di laga uji coba jelang SEA Games 2019 (Foto: ANTARA FOTO: Yulius Satria Wijaya)
Skuat Timnas U-23 saat merayakan gol ke gawang Iran di laga uji coba jelang SEA Games 2019 (Foto: ANTARA FOTO: Yulius Satria Wijaya)

Hitung-hitungan Peluang Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2019

Bola Timnas U-23
Achmad Firdaus • 04 Desember 2019 16:32
Jakarta: Timnas Indonesia U-23 terus menjaga peluang lolos ke babak semifinal SEA Games 2019. Itu terjadi usai Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menang atas Brunei Darussalam di babak penyisihan Grup B, Selasa 3 Desember 2019.
 
Tak tanggung-tanggung, tim besutan Indra Sjafri menang dengan skor fantastis, 8-0. Ini sekaligus menjadi rekor kemenangan terbesar di SEA Games 2019 sejauh ini. Adapun, rekor kemenangan terbesar di SEA Games masih dicatatkan Malaysia yang menggasak Timor Leste dengan skor 11-0 pada SEA Games 2009 di Laos.
 
Osvaldo Haay dan Egy Maulana Vikri jadi bintang utama di balik kemenangan besar pasukan Garuda Muda atas Brunei. Osvaldo mengemas hattrick, sedangkan Egy menyumbang dua gol. Tiga gol lainnya masing-masing dicetak Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, dan Andy Setyo Nugroho.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Berkat kemenangan ini Timnas U-23 sukses menyalip Thailand dari posisi kedua Grup B. Indonesia (+11) unggul selisih satu gol atas Thailand (+10) yang sama-sama mengoleksi 9 poin. Sementara itu, Vietnam belum dalam posisi aman meski duduk di puncak klasemen dengan koleksi 12 poin (+13). Mereka masih bisa tersingkir karena hanya memiliki keunggulan selisih dua gol dari Indonesia dan tiga gol dari Thailand.
 
Hitung-hitungan Peluang Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2019
 
Kondisi ini tentunya membuat laga terakhir Grup B, Kamis 5 Desember nanti, menjadi sangat menarik. Sangat penting buat Vietnam, Thailand, dan juga Indonesia. Mereka berpeluang mengakhiri fase grup dengan koleksi poin sama, 12. Jika ini terjadi, maka yang kemudian akan jadi rujukan untuk menentukan adalah selisih gol diikuti dengan rekor head to head.
 
Pada laga pamungkas nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Laos. Sedangkan Thailand harus melakoni laga hidup mati melawan Vietnam. Adapun, Laos, Singapura dan Brunei sudah dipastikan tersingkir.
 
Melihat jadwal di atas, Vietnam dan Indonesia bisa dikatakan berada di posisi yang lebih baik untuk mengamankan tiket lolos. Vietnam hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan tiket lolos sebagai juara grup.
 
Sementara Indonesia hanya butuh menang lawan Laos untuk lolos. Di sisi lain, Thailand wajib menang atas Vietnam sambil berharap di pertandingan lain Indonesia gagal menang atas Laos.
 
Meski sama-sama masih memiliki peluang lolos, baik Vietnam, Thailand dan Indonesia juga memiliki potensi tersingkir. Berikut, medcom.id menjabarkan hitung-hitungan peluang lolos dan tersingkir buat ketiga tim.
 
VIETNAM
1. Vietnam dipastikan lolos sebagai juara grup apabila menang atau imbang lawan Thailand.
2. Vietnam tetap lolos meski kalah dari Thailand. Syaratnya, mereka tidak kalah dengan skor lebih dari dua gol.
3. Vietnam tetap lolos meski kalah telak dari Thailand. Syaratnya, di pertandingan lain Indonesia gagal menang atas Laos.
4. Vietnam tersingkir apabila kalah dengan skor 3-0 atau lebih dari Thailand. Sementara di pertandingan lain Indonesia menang atas Laos.
 
INDONESIA
1. Indonesia lolos sebagai juara grup apabila menang atas Laos, sementara di pertandingan lain Vietnam kalah dari Thailand dengan skor lebih dari dua gol.
2. Indonesia lolos sebagai runner-up apabila Vietnam bermain imbang lawan Thailand.
3. Indonesia tetap lolos apabila kalah atau imbang lawan Laos. Tapi syaratnya, di pertandingan lain Thailand harus meraih hasil yang sama dengan Indonesia.
4. Indonesia tersingkir apabila kalah atau imbang lawan Laos, sementara Thailand menang atas Vietnam
 
THAILAND
1. Thailand lolos ke semifinal apabila mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 atau lebih.
2. Thailand lolos ke semifinal meski hanya menang tipis atas Vietnam. Syaratnya, di pertandingan lain Indonesia gagal meraih kemenangan atas Laos.
3. Thailand tersingkir apabila kalah dari Vietnam
4. Thailand tetap tersingkir meski menang tipis 1-0 (2-1, 3-2 dll) atas Vietnam. Syaratnya di pertandingan lain Indonesia menang atas Laos. Jika kondisinya demikian, Thailand tersingkir karena kalah selisih gol atas Vietnam dan Indonesia.
 
Video:?Indonesia Pesta 8 Gol ke Gawang Brunei

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif