Ezra Walian (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)
Ezra Walian (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)

Laporan Langsung Dari Vietnam

Kondisi Ezra Usai Gagal Perkuat Timnas Indonesia U-23

Bola timnas u-23 liga dunia kualifikasi piala asia u-23 Ezra Walian
Rendy Renuki H • 22 Maret 2019 12:45
Manajer Timnas U-23, AKBP Sumardji mengatakan kondisi Ezra diselimuti kekecewaan. Pasalnya, ia tercatat telah membela Indonesia pada sejumlah pertandingan internasional.
 
Hanoi: Ezra Walian dipastikan gagal memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia. Striker RKC Waalwijk itu terganjal peraturan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.
 
FIFA menegaskan dalam suratnya kepada PSSI jika Ezra dianggap telah berkewarganegaraan Belanda. Hal itu mengacu dari data yang dikirimkan FIFA kepada PSSI mengenai track record Ezra.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  FIFA mencatat jika pemain 21 tahun itu sempat bermain bagi Timnas Belanda U-17. Ezra tercatat bermain untuk Timnas Belanda U-17 pada 19 dan 22 Oktober 2013 lalu.

Baca: Prediksi Thailand U-23 vs Indonesia U-23: Kemenangan Garuda Muda Demi Menuju Piala Asia U-23


"Pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali pindah asosiasi yang memberikannya hak bermain. Pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti di laga resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan tim yang diwakilinya itu," bunyi penggalan surat dari FIFA.
 
Manajer Timnas U-23, AKBP Sumardji mengatakan kondisi Ezra diselimuti kekecewaan. Pasalnya, ia tercatat telah membela Indonesia pada sejumlah pertandingan internasional.
 
Eks pemain Almere City FC sempat masuk skuat Timnas U-22 pada gelaran SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia. Ia juga pernah memperkuat Timnas pada ajang internasional menghadapi Myanmar pada 21 Maret 2017.
 
"Perasaan Ezra tentu sedih, tapi itu lumrah dan normatif dia sedih. Sampai malam saya diskusi dengan Ezra dan orang tuanya," kata Sumardji saat ditemui Medcom.id, di Crowne Plaza, Hanoi, hotel tempat menginap Timnas U-23, Jumat 22 Maret.

Baca: Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Thailand U-23


"Kita sudah jelaskan dan fight dengan mengirim dokumen pendukung ke FIFA. Tapi jam 10.00 WIB tadi dipastikan tidak bisa karena Ezra pernah membela Timnas Belanda U-17," sambung Sumardji.
 
Meski telah dipastikan gagal memperkuat Timnas U-23, namun hingga berita ini diturunkan Ezra masih berada di hotel. Sumardji pun memberikan kebebasan bagi Ezra untuk tetap berada di Hanoi atau pulang.
 
Timnas U-23 akan melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Asia melawan Thailand, Jumat 22 Maret. Pertandingan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, rencananya akan memulai kick-off pada pukul 17.00 WIB.
 

Video:Bayern Munich Siap Gelontorkan Rp4 T Untuk Peremajaan Tim
 

 

(PAT)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif