Profil Peserta Piala AFF 2018: Indonesia

Profil Timnas Indonesia: Mengakhiri Status Juara Tanpa Mahkota

Alfa Mandalika 08 November 2018 12:05 WIB
liga duniatimnas indonesiapiala aff
Profil Timnas Indonesia: Mengakhiri Status Juara Tanpa Mahkota
Timnas Indonesia. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
TIMNAS Indonesia sedang bersiap untuk melakoni laga perdana Piala AFF 2018 menghadapi Singapura, Jumat 9 November 2018. Jelang laga, tim polesan Bima Sakti langsung mempertajam taktik.

Bima menegaskan, seluruh penggawa timnas siap dimainkan kontra Singapura. Khusus di sisi sayap, Bima tinggal memilih pemain mana yang sangat siap dan sesuai dengan kebutuhan tim.

"Semua sayap kami yaitu Andik Vermansyah, Riko Simanjuntak, Febri Hariyadi, dan Irfan Jaya berkualitas bagus dan siap bertanding. Jadi kami akan melihat siapa yang akan turun sejak awal," kata Bima seusai berlatih di Stadion Bisham.


Indonesia punya kelebihan di sisi sayap. Nama-nama yang disebut Bima di atas dikenal dengan kecepatannya yang mampu menyisir pertahanan lawan. 

Belum lagi, keahlian saat menjalankan set-piece dan melakukan tembakan di luar kotak penalti menjadi senjata pamungkas bagi para pemain sayap Indonesia.

Indonesia bisa memanfaatkan juga pengalaman dari pemain senior macam Beto Goncalves yang dipercayakan menjadi ujung tombak skuat Garuda. Beto bisa diandalkan saat melakukan finishing dan pergerakan tanpa bola yang bisa merepotkan lawan. 

Di lini tengah ada nama Stefano Jantje Lilipaly yang bisa membuat perbedaan pada saat-saat genting. Kepintaran Lilipaly dalam memanfaatkan peluang bisa menguntungkan Indonesia.

Namun, Indonesia juga patut berhati-hati terutama saat terjadi serangan balik cepat atau menghadapi set-piece dari lawan. Koordinasi antarpemain belakang wajib berjalan baik untuk meredam serangan yang bisa membahayakan gawang Indonesia.

Perhelatan Piala AFF ini merupakan edisi ke-12 bagi Indonesia. Namun, masih ada yang mengganjal bagi Indonesia lantaran belum pernah mencicipi gelar juara.

Bahkan, status 'Juara Tanpa Mahkota' kadung melekat. Sebab, Indonesia berhasil menembus lima kali final, namun selalu gagal menjadi juara. Akankah Bima Sakti yang semasa menjadi pemain urung meraih trofi AFF mampu berjaya? kita masih perlu menunggu. Namun, sang juru taktik sudah berjanji akan berusaha maksimal di ajang dua tahunan itu.

"Saya dulu pas masih main namanya Piala Tiger, sempat membawa Indonesia ke semifinal dan final. Sekarang kesempatan saya untuk membawa Indonesia (juara)," tegas Bima Sakti.

Perjuangan Indonesia di AFF dipastikan takkan berjalan mudah. Sebab, Indonesia tergabung dengan juara bertahan Thailand. Lalu, ada Timnas Filipina yang merekrut pelatih sekaliber Sven-Goran Eriksson. Belum lagi masih ada tantangan dari Singapura dan Timor Leste.

Sesuai jadwal, Indonesia akan menghadapi Singapura pada Jumat 9 November, Timor Leste (13 November), Thailand (17 November), dan Filipina (25 November).

Pelatih 
Bima Sakti

Polemik antara PSSI dengan Luis Milla perihal masalah kontrak sempat menjadi topik hangat. PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia dituding tidak serius mempertahankan Milla. Permasalahan kian pelik lantaran turnamen AFF kian mendekat.

Sempat terlontar dari mulut Ketum PSSI Edy Rahmayadi bahwa Milla tetap melatih skuat Garuda. Namun, setelah ditunggu-tunggu, pelatih berpaspor Spanyol itu tak kunjung kembali.

PSSI akhirnya menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia. Bima dianggap sudah mengetahui karakter timnas yang dibangun Milla. Maklum, Bima sudah mendampingi Milla dalam setahun terakhir.

Jebolan primavera itu mengaku siap memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Awal November mendatang kami akan kembali melakukan pemusatan latihan jelang berlaga di Piala AFF 2018. Kami tim pelatih dengan pemain sudah melakoni latihan sejak lama dan saling mengenal baik. Jadi kami optimis meraih prestasi di ajang tersebut," kata Bima seusai ditunjuk sebagai pelatih.

Baca: Profil Timnas Vietnam: Menatap Gelar Kedua di Piala AFF


Pemain bintang
Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly menjadi salah satu pemain yang dipanggil Bima Sakti untuk mengikuti Piala AFF 2018. Namun, ada kabar kurang sedap menimpa Lilipaly. Ya, dia sempat merasakan cedera pada bagian punggung kaki saat sesi latihan perdana.

Meski begitu, Bima Sakti tetap membawa Lilipaly ke Singapura. Informasi terkini menyebut, Lilipaly siap dimainkan melawan Singapura.

Ya, Lilipaly memang menjadi pemain krusial bagi Indonesia. Tak ayal, media asing menyebut Lilipaly menjadi pemain kunci bagi Timnas Indonesia. 

Di ajang Asian Games 2018, Lilipaly sempat terancam tidak masuk timnas. Namun, kepercayaan yang diberikan Milla langsung ditunjukkan Lilipaly dengan menyumbang tiga gol dan empat assist.

Lilipaly juga tampil impresif tatkala tampil di Piala AFF 2016. Ketika itu, dia sempat menciptakan gol kemenangan atas Singapura dan membawa Indonesia lolos dari fase grup. Ia juga menorehkan satu gol pada leg kedua saat melawan Vietnam.

Profil Timnas Indonesia di Piala AFF 2018:
Julukan: Garuda
Partisipasi: 11 kali
Prestasi terbaik: Runner up (2000, 2002, 2004, 2010, 2016)
Pemain bintang: Stefano Lilipaly
Pelatih: Bima Sakti

Skuat Indonesia di Piala AFF 2018:

Kiper
1. Andritany Ardhiyasa, Persija 
2. Muhammad Ridho, Borneo FC
3. Awan Setho, Bhayangkara FC

Pemain Bertahan 
4. I Putu Gede, Bhayangkara FC
5. Gavin Kwan, Barito Putera
6. Hansamu Yama, Barito Putera
7. Fachruddin Aryanto, Madura United 
8. Bagas Adi, Arema FC
9. Ricky Fajrin, Bali United
10. Alfath Fathier, Madura United
11. Rizki Pora, Barito Putera

Gelandang
12. Zulfiandi, Sriwijaya FC
13. Muhammad Hargianto, Bhayangkara FC 
14. Bayu Pradana, Mitra Kukar
15. Stefano Lilipaly, Bali United
16. Evan Dimas, Selangor FA
17. Septian David, Mitra Kukar
18. Irfan Jaya, Persebaya
19. Andik Vermansyah, Kedah FA 
20. Febri Hariyadi, Persib
21. Riko Simanjuntak, Persija

Striker
22. Dedik Setiawan, Arema FC
23. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Persiapan Timnas Garuda Jelang Piala AFF 2018



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id