Pesepak bola timnas U-23. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Pesepak bola timnas U-23. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

8 Fakta Menarik Jelang Timnas U-23 vs Brunei Darussalam

Bola Timnas U-23 Timnas U-22 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 03 Desember 2019 10:07
Jakarta: Timnas Indonesia U-23 akan melanjutkan perjuangan di Grup B SEA Games 2019, Selasa 3 Desember pukul 19.00 WIB. Kali ini, mereka akan menghadapi dengan Brunei Darussalam di Binan Football Stadium.
 
Garuda Muda mengusung misi tidak biasa saat menghadapi Brunei. Selain wajib meraih kemenangan, mereka juga harus mencetak banyak gol untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya atau semifinal.
 
Slot semifinalcabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 hanya tersedia dua tempat dalam masing-masing grup yang dimainkan (A dan B). Sedangkan Indonesia sedang bertengger di urutan tiga klasemen sementara Grup B.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Meski sudah dikalahkan timnas U-23 dan sama-sama memiliki 6 poin, Thailand berhak berada di urutan dua klasemen sementara karena unggul selisih gol. Sementara itu, Vietnam nyaman di puncak dengan kumpulan 9 poin.
 
Secara di atas kertas, Indonesia lebih unggul ketimbang Brunei yang merupakan juru kunci Grup B. Tapi bukan tugas mudah untuk menang besar dari tim berjuluk Tabuan Muda tersebut. Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 Maret lalu, Indonesia hanya menang 2-1 atas Brunei.
 
Berikut fakta menarik jelang timnas U-23 vs Brunei Darussalam:
 
1. Timnas U-23 tidak sering pesta gol di semua pertandingan. Kemenangan dengan banyak gol terakhir kali didapat saat mengalahkan Thailand (5-0) di Piala Merlion Juni 2019 dan menang atas Taiwan (4-0) di Asian Games 2018.
 
2. Brunei tim dengan pertahanan paling buruk di SEA Games 2019. Terhitung, sudah ada 16 gol yang bersarang ke gawang mereka dalam tiga pertandingan belakangan ini.
 
3. Delapan dari 16 gol yang bersarang ke gawang Brunei berasal dari tendangan jarak jauh. Timnas U-23 wajib memanfaatkan kelemahan ini,
 
4. Indonesia pernah menang besar atas Brunei dengan skor 9-0 pada SEA Games 2001 silam. Tapi pada Kualifikasi Piala Asia U-23 Maret lalu, Indonesia hanya menang 2-1.
 
5. Brunei diperkuat Faiq Jefri Bolkiah yang merupakan keponakan dari sultan di negaranya. Berkat garis keturunannya itu, Faiq pun termasuk salah satu pemain terkaya di dunia.
 
6. Osvaldo Haay merupakan pemain timnas U-23 yang paling produktif dengan mencetak 2 gol dari tiga laga terakhir. Tapi, tren positif itu dia dapat saat masuk dari bangku cadangan.
 
7. Firza Andika dan M. Rafli masih cedera. Keduanya merupakan starter yang diturunkan timnas U-23 saat meraih kemenangan atas Thailand dan Singapura.
 
8. Timnas U-23 selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir dengan Brunei. Tapi kemenangan terbesar hanya diraih dengan skor 4-0 pada 2017.
 


 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif