Para pemain Indonesia U-23 menjalani sesi latihan jelang menghadapi Vietnam U-23 (Foto: Antara/R. Rekotomo)
Para pemain Indonesia U-23 menjalani sesi latihan jelang menghadapi Vietnam U-23 (Foto: Antara/R. Rekotomo)

Prediksi Indonesia U-23 vs Vietnam U-23: Jangan Terpeleset Lagi, Garuda Muda!

Bola timnas u-23 liga dunia kualifikasi piala asia
Patrick Pinaria • 24 Maret 2019 11:59
Indonesia U-23 saat ini tercecer di posisi ketiga klasemen sementara tanpa mengoleksi poin. Andai ingin lolos, Garuda Muda wajib meraih poin penuh saat menghadapi Vietnam U-23 di laga kedua nanti.
 
Jakarta
: Indonesia U-23 wajib meraih kemenangan setelah menelan kekalahan dari Thailand U-23 dengan skor telak 0-4 di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, dua hari lalu. Sayangnya misi itu tidak akan mudah diselesaikan Garuda Muda begitu saja karena mereka harus menghadapi lawan tangguh seperti Vietnam U-23 pada laga kedua, Minggu 24 Maret.
 
Saat ini, Indonesia U-23 harus tercecer di posisi ketiga klasemen sementara tanpa mengoleksi poin setelah kalah dari Thailand. Posisi itu juga didapat Indonesia menyusul kemenangan Vietnam atas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 di laga perdana.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Kemenangan itu menempatkan Vietnam di posisi puncak klasemen. Namun, mereka harus bersaing dengan Thailand yang juga mengoleksi tiga poin di posisi kedua.
 
Melihat situasi ini, Indonesia pun sudah pasti wajib meraih kemenangan saat berjumpa dengan Vietnam pada laga kedua nanti, andai ingin lolos ke Piala Asia U-23.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia U-23 vs Vietnam U-23 Malam Ini


Namun, bukan tugas mudah bagi Indonesia U-23 meraih kemenangan. Sebab, Vietnam juga bakal tampil ngotot demi memperkukuh posisi mereka di puncak klasemen sekaligus mengamankan tiket lolos ke Piala Asia U-23.
 
Status Vietnam U-23 di Piala Asia U-23 juga membuat Indonesia U-23 patut waspada. Mengingat, Vietnam merupakan runner-up turnamen tahun lalu.
 
Pada Piala Asia U-23 2018, Vietnam sukses melaju ke babak final. Akan tetapi, mereka harus kalah dari Uzbekistan dengan skor 1-2.
 
Kekuatan Vietnam pun diakui oleh bek Indonesia Firza Andika. Namun, ia tetap optimistis timnya bisa mengalahkan Vietnam.
 
"Vietnam tim yang bagus, apalagi mereka bermain di kandang sendiri. Namun kami tetap optimistis meraih kemenangan. Yang jelas pelatih sudah memberi tahu bagaimana meredam agresivitas permainan Vietnam. Kami juga mohon doa dan dukuangan dari warga Indonesia agar kami meraih kemenangan lawan Vietnam," ujar Firza.

Baca: Spanyol Pantas Menang dengan Skor 6-1


Nada optimisme juga diserukan pelatih Indonesia U-23 Indra Sjafri. Ia yakin anak-anak asuhnya sudah siap menghadapi Vietnam.
 
"Setelah laga kemarin ada dua hal yang kami lakukan. Satu, mental pemain harus dikembalikan lagi dan siap untuk bertanding besok lawan Vietnam. Kedua, kami amati laga (Vietnam) kemarin," ujar Indra.
 
"Jadi kami lakukan latihan untuk antisipasi besok. Mentalitas harus diperbaiki, moral harus dikembalikan. Yang pasti, kami sudah siap untuk laga besok," sambungnya.
 
Indonesia boleh sedikit tersenyum menatap laga nanti. Mengingat, mereka setidaknya pernah mengalahkan Vietnam di babak semifinal Piala AFF U-22 2019 pada Februari. Ketika itu, mereka menang dengan skor 1-0.
 
Tetapi, Indonesia juga tidak boleh jemawa. Pasalnya, kekuatan Vietnam di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 dipastikan berbeda. Bagaimana tidak. Sebanyak 17 pemain yang bermain di Piala AFF U-22 dicoret pelatih Vietnam Park Hang-Seo. Pada babak kualifikasi Piala Asia U-23, Hang-Seo memanggil mayoritas pemain-pemain yang tampil di Piala Dunia U-20 2017.
 

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim:
 
Indonesia U-23: Awan Setho Raharjo, Asnawi Mangkualam Bahar, Bagas Adi Nugroho, Nurhidayat, Firza Andika, M. Luthfi Kamal, M. Rafi Syarahil, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Marinus Mariyanto Wanewar.
 
Vietnam U-23: Bui Tien Dung, Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Tran Dinh Trong, Doan Van Hau, Trie Viet Hung, Nguyen Quang Hai, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc, Dinh Thanh Binh, Ha Duc Chinh.
 
Hasil Pertemuan Terakhir Kedua Tim:
24/2/2019: Vietnam U-23 0-1 Indonesia U-23
22/8/2017: Vietnam U-23 0-0 Indonesia U-23
15/6/2015: Vietnam U-23 5-0 Indonesia U-23
19/11/2011: Vietnam U-23 0-2 Indonesia U-23
 
Prediksi Medcom.id: Indonesia U-23 (50) - (50) Vietnam U-23
 

Video: Indra Sjafri Tepis Anggapan Kerugian Timnas U23 Tanpa Ezra
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif