Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Prediksi Timnas U-23 vs Brunei: Menang Saja tidak Cukup Garuda Muda!

Bola Timnas U-23 Timnas U-22 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 03 Desember 2019 16:23
Jakarta: Timnas U-23 akan berhadapan dengan Brunei Darussalam pada laga keempat SEA Games 2019, Selasa 3 Desember pukul 19.00 WIB. Pertandingan ini bakal krusial, mengingat posisi Indonesia yang kurang menguntungkan pada klasemen sementara Grup B.
 
Usai ditekuk Vietnam 2-1 pada laga sebelumnya, Garuda Muda langsung turun ke posisi tiga dengan koleksi 6 poin. Mereka harus rela disalip Thailand yang naik ke urutan dua hanya karena kalah selisih gol.
 
Thailand memang sudah ditaklukkan Indonesia pada laga perdana Grup B. Tapi setelah itu, Thailand langsung menang besar atas Brunei (7-0) dan Singapura (3-0). Jika dihitung dengan kebobolan dua gol oleh Indonesia, artinya Thailand punya +8 selisih gol.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Di sisi lain, Indonesia sukses mengoleksi empat gol dari kemenangan atas Thailand (2-0) dan Singapura (2-0). Tapi mereka kebobolan dua kali sambil mencetak satu gol saat kalah dari Vietnam. Dengan begitu, timnas U-23 hanya memiliki +3 selisih gol.
 
Berkaca dari kondisi Brunei yang berstatus juru kunci Grup B dan rekor pertemuan dengan Indonesia, Brunei bisa dipastikan lawan terlemah yang akan dihadapi. Tapi, misi timnas U-23 bukan hanya mengejar kemenangan saja. Mereka dituntut juga mencetak banyak gol demi menyalip selisih gol Thailand.
 
Pemain bertipikal menyerang seperti Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani dan Osvaldo Haay wajib lebih sering berada di depan ketimbang bertahan seperti saat menghadapi Vietnam. Kemudian, Syahrian Abimanyu yang menjadi gelandang tengah dituntut lebih kreatif menyuplai bola ke depan.
 
Misi Indonesia untuk mencetak banyak skor makin mudah karena Brunei belum pernah mencetak satu pun gol balasan saat gawangnya dibobol 16 kali oleh Vietnam dan Thailand. Satu kelemahan yang harus dimanfaatkan Indonesia, delapan di antara gol kebobolan itu lahir dari tendangan jarak jauh.
 
Berdasar rekor pertemuan di semua kompetisi, Brunei memang belum pernah menang atas Indonesia. Tapi, kemenangan lebih dari lima gol atas Indonesia juga tidak sering terjadi. Momen itu terjadi terakhir kali saat Indonesia menaklukkan Brunei 9-0 pada SEA Games 2001.
 
Perkiraan susunan pemain
Timnas U-23: Nadeo, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam, Dodi Alekvan Djin, Zulfiandi, Evan Dimas, Syahrian Abimayu, Saddil Ramdani, Egy Maulana, Osvaldo Haay.
 
Brunei: Mohd Jabidi Ishyra, Jamaludin, Muhammad Nazif Safwa, Aminuddin Wafi, Damit Nur Ikhmal, Said Hakeme Yazid, Azman Muhammad Hanif Farhan, Azim MD Haziq, Bolkiah Faiq, Haji Adanan Hanif Aiman, Haji Sisa Mohammad Amin.
 
Head to Head
SEA Games
1977: Indonesia 4-0 Brunei Darussalam
1983: Indonesia 1-1 Brunei Darussalam
1985: Brunei Darussalam 1-1 Indonesia
1987: Indonesia 2-0 Brunei Darussalam
1989: Indonesia 6-0 Brunei Darussalam
1999: Brunei Darussalam 0-3 Indonesia
2001: Indonesia 9-0 Brunei Darussalam
 
Tiga pertemuan terakhir kedua tim:
26/3/2019: Indonesia 2-1 Brunei Darussalam
2/12/2017: Indonesia 4-0 Brunei Darussalam
29/3/2015: Brunei Darussalam 0-2 Indonesia
 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif