Perayaan Liverpool usai juara Piala Super Eropa 2019 (Twitter/LFC)
Perayaan Liverpool usai juara Piala Super Eropa 2019 (Twitter/LFC)

Data & Fakta Liverpool Juara Piala Super Eropa

Bola liverpool
Rendy Renuki H • 15 Agustus 2019 09:55
Jakarta: Liverpool sukses meraih gelar Piala Super Eropa 2019. The Reds meraih gelar keempatnya usai mengalahkan Chelsea via adu penalti di Vodavone Arena, Istanbul, Kamis 15 Agustus dini hari WIB.
 
Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Chelsea hingga babak tambahan waktu. Si Merah memastikan kemenangan usai di babak adu penalti menang dengan skor 5-4.
 
Keberhasilan Liverpool menjuarai Piala Super Eropa membuat mereka telah mengoleksi empat gelar serupa. Menyamai torehan Real Madrid yang juga mengemas empat trofi Piala Super Eropa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Sejumlah data dan fakta menarik lainnya pun turut mengiringi keberhasilan Liverpool meraih Piala Super Eropa. Serta data dan fakta lain macam kegagalan ketiga Chelsea di ajang ini.
 
Berikut daftar data dan faktanya:
 
- Piala Super Eropa 2019 menjadi gelar keempat Liverpool sepanjang sejarah. The Reds sebelumnya meraih trofi serupa pada 1977, 2001, dan 2005.
 
- Empat gelar Piala Super Eropa Liverpool itu menyamai torehan rekor milik Real Madrid.
 
- Liverpool dan Real Madrid hanya kalah dari AC Milan dan Barcelona dalam mengoleksi Piala Super Eropa. Milan dan Barca sejauh ini masih menjadi tim paling banyak meraih trofi Piala Super Eropa dengan lima gelar.
 
- Liverpool mengulang kisah klub Liga Primer Inggris yang menjalani dua kali drama adu penalti dalam sebulan. Sebelumnya The Reds memainkan adu penalti saat perebutan Community Shield melawan Manchester City. Middlesbrough juga sempat dua kali menjalani adu penalti dalam sebulan pada 2007 lalu.
 
- Laga Piala Super Eropa 2019 menjadi pertandingan ke-800 Juergen Klopp sepanjang karier sebagai pelatih.
 
- Laga tersebut juga sekaligus menjadi penampilan ke-100 Virgil van Dijk bersama Liverpool.
 
- Sadio Mane menjadi pemain Afrika yang mengulang sukses mencetak gol di Piala Super Eropa. Sebelumnya, Frederic Kanoute melakukan hal serupa saat Sevilla bertemu Barcelona pada 2006 lalu.
 
- Dua gol Mane ke gawang Chelsea membuatnya kini telah mencetak 19 gol bagi Liverpool sepanjang 2019. Ia hanya kalah dari Sergio Aguero yang sudah mengemas 20 gol sejauh ini bagi Manchester City.
 
- Gelar Piala Super Eropa yang lepas dari genggaman Chelsea membuat The Blues sudah tiga kali menjadi runner-up. Mereka sempat dua kali gagal pada edisi 2012 dan 2013 lalu.
 
- Namun Barcelona dan Sevilla yang ternyata menjadi tim paling banyak gagal juara Piala Super Eropa. Barca dan Sevilla tercatat sudah empat kali menjadi runner-up ajang tersebut.
 
- Gol Olivier Giroud ke gawang Liverpool mejadi gol ke-12 dirinya di pentas Eropa. Giroud mencetak 12 gol dari 16 penampilan bagi Chelsea di Eropa. Berbanding terbalik dengan statistiknya di laga domestik yang hanya mencetak tujuh gol dari 49 penampilan.
 
- Pertandingan Liverpool kontra Chelsea menjadi laga Piala Super Eropa kedelapan yang mempertemukan dua tim dari negara yang sama.
 
- Namun pertandingan Liverpool melawan Chelsea menjadi sejarah pertemuan dua tim Inggris di ajang Piala Super Eropa.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif