Pelatih Indonesia, Simon McMenemy (kiri), dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo (Antara/Nyoman Budhiana)
Pelatih Indonesia, Simon McMenemy (kiri), dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo (Antara/Nyoman Budhiana)

Head to Head Indonesia vs Vietnam: Kekuatan Berimbang

Bola Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Gregorius Gelino • 14 Oktober 2019 17:25
Jakarta: Indonesia akan menjamu Vietnam pada pertandingan keempat kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G, Selasa 15 Oktober. Indonesia akan menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, setelah kerusuhan yang terjadi pada dua pertandingan sebelumnya ketika berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
 
Meski bermain di kandang sendiir, tidak mudah bagi Indonesia menaklukkan Vietnam. Dari lima pertandingan terakhir contohnya, kedua tim sama-sama baru meraih satu kemenangan dan tiga laga lainnya berakhir sama kuat.
 
Tapi, terakhir kali skuat Merah Putih berjaya atas Vietnam terjadi pada 3 Desember 2016 silam. Kala itu Indonesia menang dengan skor tipis 2-1 atas Vietnam di ajang Piala AFF berkat gol dari Hansamu Yama dan penalti Boaz Solossa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Sedangkan Vietnam berhasil menundukkan Indonesia pada ajang pertandingan persahabatan 8 November 2016 silam. Vietnam menang 3-2 setelah gol-gol Indonesia dari Boaz Solossa dan Irfan Bachdim dibalas oleh Le Cong Vinh, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Van Toan.
 
Vietnam tentu sedang merasa di atas angin jika dibandingkan dengan Indonesia. Menenmpati posisi ketiga, tim asuhan Park Hang-seo itu mengoleksi empat angka dari dua laga hasil satu kemenangan dan satu hasil imbang.
 
Sementara Indonesia belum mengoleksi angka sama sekali dari tiga pertandingan yang telah dilalui. Sehingga, tim besutan Simon McMenemy tersebut harus rela berkubang di dasar klasemen Grup G.
 
Seperti di awal artikel, walau tampil di markas sendiri, bukan berarti Indonesia diunggulkan. Saat ini, gejolak dan ketidakpastian nasib pelatih di tubuh timnas, serta ketidakpuasan suporter terhadap performa Stefano Lilipaly dan kawan-kawan membuat Indonesia kurang diunggulkan.
 
Namun, Vietnam mendapat kabar buruk jelang laga esok malam. Gelandang andalan mereka, Nguyen Tuan Anh, diterpa cedera dan takkan bisa diturunkan.
 
Video: UEA Gilas Indonesia 5-0
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif