Pelatih baru Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Medcom.ID/Rendy Renuki H)
Pelatih baru Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Medcom.ID/Rendy Renuki H)

Shin Tae-yong Jawab Anggapan Turun Kasta karena Latih Indonesia

Bola pssi timnas indonesia Shin Tae-yong
Rendy Renuki H • 29 Desember 2019 12:01
Jakarta: Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia, Sabtu 28 Desember. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu dianggap turun kasta karena hanya melatih tim sekelas Indonesia yang hanya menempati peringkat 173 FIFA.
 
Riwayat kepelatihan Tae-yong memang cukup mentereng sebelum menjadi pelatih Indonesia. Ia membawa Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 Rusia, dan sempat membuat kejutan mengalahkan Jerman 2-0.
 
Pelatih 50 tahun itu juga pernah mencicipi gelar Liga Champions Asia pada 2010. Saat itu ia membawa timnya, Seongnam Ilhwa Chunma, meraih juara usai mengalahkan Zob Ahan, klub asal Iran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Sejumlah pencapaian tersebut membuat Tae-yong dinilai turun kasta mengambil tawaran melatih Indonesia. Namun siapa sangka, Tae-yong justru memberikan jawaban berkelas.
 
"Tak ada masalah (melatih Indonesia). Karena ini step by step akan maju. Memang tidak akan terburu-buru," ujar Tae-yong saat diperkenalkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.
 
Ia mengatakan siap membangun Timnas Indonesia dari bawah. Kontrak empat tahun yang diberikan PSSI akan dimanfaatkannya membina tim mulai dari U-16 hingga level senior.
 
"Kita memberikan pendidikan dari U-16, U-19, U-22. Jadi akan membentuk agar tim tersebut tidak runtuh dengan mudah," sambungnya.
 
Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia menggantikan Simon McMenemy. Mantan pelatih Bhayangkara FC itu dianggap gagal memenuhi ekspektasi usai menelan rentetan hasil buruk.
 
Bersama Simon, Indonesia menjadi tim pesakitan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda menelan lima kekalahan beruntun pada penyisihan Grup G ajang tersebut.
 

(REN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif