Laga Timnas Indonesia U-18 saat menghadapi Laos (Dok. PSSI)
Laga Timnas Indonesia U-18 saat menghadapi Laos (Dok. PSSI)

Prediksi Indonesia U-18 vs Myanmar: Kejar Juara Grup

Bola Piala AFF U-18
Rendy Renuki H • 14 Agustus 2019 08:58
Jakarta: Timnas Indonesia U-18 akan menjalani partai terakhir penyisihan Grup A Piala AFF melawan Myanmar, Rabu 14 Agustus. Laga di Thong Nat Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam akan menjadi kesempatan Garuda Nusantara mengejar status juara grup.
 
Komparasi statistik Indonesia dan Myanmar di Grup A cukup berimbang. Indonesia sudah meraih 12 poin dari empat kemenangan di posisi pertama, ditempel Myanmar dengan poin sama yang hanya kalah selisih gol.
 
Jika dihitung secara gamblang, Indonesia dan Myanmar telah menyegel tiket semifinal. Pasalnya, pesaing terdekat di Grup A saja, Timor Leste dan Laos, sudah tidak bisa mengejar poin keduanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Laga nanti diprediksi masih akan berjalan ketat. Apalagi status juara grup secara tidak langsung akan menentukan calon lawan di semifinal dari Grup B.
 
Jika menjadi juara Grup A, Indonesia kemungkinan akan bertemu Australia yang sementara masih menjadi runner-up Grup B. Sedangkan pemuncak klasemen sementara di Grup B adalah Malaysia yang diluar dugaan mengalahkan Australia 3-0.
 
Melihat ketatnya persaingan, Rendy Juliansyah Cs tentunya tak bisa memandang remeh Myanmar. Terlebih sejauh ini tim lawan masih unggul rekor pertemuan dengan Indonesia di turnamen kelompok umur tersebut.
 
Di atas kertas, rekor pertemuan Indomesia dan Myanmar di Piala AFF U-18 ini masih dipegang lawan dengan empat kemenangan. Sedangkan Indonesia baru meraih tiga kali kemenangan dari Myanmar di turnamen ini.
 
Namun pelatih Fakhri Husaini optimistis Indonesia bisa finis sebagai juara Grup A. Ia mengakui telah mempelajari karakter permainan lawan yang mirip dengan tim lain di Grup A.
 
"Melawan tim yang saya rasa memiliki karakter mirip seperti Laos, bermain menekan, keras kepala dan berani duel, saya berharap anak-anak bisa memetik pelajaran dari laga sebelumnya," kata Fakhri.
 
Fakhri diperkirakan akan melakukan sedikit rotasi pemain pada laga nanti. Apalagi Timnas U-18 dikabarkan tak bisa diperkuat Mochammad Supriadi yang mengalami cedera saat melawan Laos.
 
Sementara Myanmar tampak masih akan mengandalkan penyerang mereka Moe Swe. Lini kedua Myanmar pun tak bisa diabaikan begitu saja karena tercatat tujuh pemain mereka telah menyumbang gol di Piala AFF U-18.
 
Perkiraan susunan pemain:
 
Indonesia U-18
: Ernando Ari Sutaryadi (GK), Amiruddin Bagas Kaffa, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, David Maulana, Mochammad Supriadi, Braif Fatari, Brylian Aldama, Sutan Zico, Amiruddin Bagus Kahfi.
 
Myanmar U-18: Nay Lin Htet (GK), Saw Htaw Nay Mue, Shin Thant Aung, Naung Naung Soe, Zaw Win Thein, Aung Ko Oo, Pyae Phyo Aung, Moe Swe, Ye Min Kyaw, Nyi Nyi, Khun Kyaw Zin Hein.
 
Head to head:
05/09/17 - Indonesia 2 - 1 Myanmar
12/09/16 - Myanmar 3 - 2 Indonesia
09/09/14 - Myanmar 3 - 0 Indonesia
12/09/13 - Myanmar 1 - 2 Indonesia
16/09/11 - Indonesia 0 - 1 Myanmar
13/08/05 - Indonesia 4 - 3 Myanmar
29/01/02 - Myanmar 2 - 0 Indonesia
 
Prediksi Medcom.ID:
Indonesia 55 - 45 Myanmar
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif