Para pemain Jepang merayakan gol Genki Haraguchi ke gawang Oman (Foto: AFP/Khaled Desouki)
Para pemain Jepang merayakan gol Genki Haraguchi ke gawang Oman (Foto: AFP/Khaled Desouki)

Bungkam Oman, Jepang Lolos ke Babak 16-Besar

Bola piala asia 2019 Timnas Jepang
Patrick Pinaria • 14 Januari 2019 00:11
Abu Dhabi: Jepang memastikan diri lolos ke babak 16-besar Piala Asia 2019. Tiket lolos didapat tim Samurai Biru itu setelah mengalahkan Oman dengan skor 1-0 pada laga kedua penyisihan Grup F, Minggu 13 Januari.

Genki Haraguchi menjadi pahlawan kemenangan bagi Jepang. Sebab, satu-satunya gol mereka dicetak oleh Haraguchi.

Terlepas dari gol Haraguchi, performa Jepang patut diapresiasi. Pasalnya, mereka mampu tampil dominan sepanjang laga. Statistik mencatat Jepang bermain dengan penguasaan bola sebanyak 63 persen berbanding 37 persen dari Oman.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Jepang juga tampil agresif sepanjang laga. Tercatat, mereka melepaskan delapan tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan Oman hanya menciptakan satu tembakan mengarah ke gawang.

Baca: Griezmann Bawa Atletico Hantam Levante

Meski mendominasi permainan, Jepang dibuat kerepotan menembus pertahanan Oman. Mereka baru bisa mencetak gol pada menit ke-28. Gol tersebut dicetak oleh Haraguchi melalui eksekusi penalti. Kesempatan penalti didapat Jepang setelah Raed Saleh melakukan pelanggaran terhadap Haraguchi di kotak terlarang.

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Jepang bertahan.

Situasi sedikit berubah memasuki babak kedua. Oman mampu memberikan perlawanan terhadap Jepang.

Baca: Besok, Persib Gelar Latihan Perdana

Beruntung bagi Jepang. Upaya keras Oman tidak ada yang berbuah maksimal. Skor 1-0 tidak berubah sehingga memberikan kemenangan kedua bagi Jepang di penyisihan Grup F.

Kemenangan tersebut sekaligus meloloskan Jepang ke babak 16-besar. Mereka kini berada di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin dan unggul tiga poin dari Uzbekistan yang berada di posisi kedua.

Posisi Jepang pun sudah tidak bisa direbut oleh Turkmenistan dan Oman yang berada di posisi ketiga dan keempat. Sebab, mereka unggul enam poin dari kedua tim tersebut.

Turkmenistan menjadi tim yang paling mungkin menyamakan jumlah poin Jepang. Mengingat, mereka masih menyisakan dua pertandingan. Namun, mereka tidak bisa menggusur posisi Jepang andai bisa mengoleksi enam poin. Sebab, Turkmenistan kalah head to head dari Jepang. Sebelumnya, Jepang sukses mengalahkan Turkmenistan dengan skor 3-2 pada laga perdana.


Susunan pemain:

Oman: Faiyz Al Rashidi, Saad Al Mukhaini, Khalid Al Braiki, Mohammed Al Musalami, Ali Al Busaidi, Harib Al Saadi, Ahmed Al Mahajri, Jameel Al Yahmadi, Salaah Al Yahyaei/Mohammed Al Ghassani (67'), Raed Ibrahim Saleh, Mohsin Al Ghassani/Khalid Alhajri (77').

Jepang: Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Gaku Shibasaki, Wataru Endo, Koya Kitagawa/Yoshinori Muto (57'), Ritsu Doan/Junya (Ito 84'), Genki Haraguchi, Takumi Minamino.


Video: Irak Gulung Yaman 3-0

 


(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi