Timnas U-19 Kalah Terhormat dari Qatar
Timnas U-19 harus mengakui keunggulan Qatar dengan skor 6-5 (Foto Antara/WAHYU PUTRO A )
Jakarta: Timnas U-19 dipaksa mengakui keunggulan Qatar pada laga kedua Grup A Piala Asia U-19, Minggu 21 Oktober. Itu terjadi setelah kedua tim bertanding sengit hingga tercipta 11 gol.

Sejak peluit kick-off dibunyikan, Indonesia berinisiatif melakukan tekanan. Namun justru Qatar yang mencuri gol pada menit ke-11. 

Kesalahan Nurhidayat Haji Haris mengontrol bola di kotak penalti langsung dimanfaatkan striker Qatar. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Qatar. 


Keunggulan satu gol membuat pemain Qatar tampil lebih bersemangat. Alhasil, gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-14. Gol dicetak oleh Abdulrasheed Umaru yang sukses melesatkan tembakan keras ke gawang Muhamad Riyandi.

Indonesia sudah berusaha bangkit dan melakukan beberapa percobaan melalui Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri. Namun usaha mereka masih belum membuahkan hasil. 

Klik di sini: Susunan Pemain Qatar vs Indonesia, Egy kembali Starter

Qatar kembali memperbesar kedudukan setelah Mohammed Al Bayati  mencetak gol melalui sepakan keras kaki kanannya. Qatar makin unggul, 3-0. 

Indonesia baru mulai menyicil ketertinggalan lewat gol tendangan bebas Luthfi Kamal pada menit ke-28. Namun, Abdulrasheed Umaru malah mencetak gol lagi menjelang turun minum. Skor 1-4 bertahan hinggga turun minum.

Usai jeda, Qatar terus mendominasi pertandingan. Baru berjalan enam menit, mereka sukses memperbesar keunggulan melalui Hasim Ali yang  memanfaatkan bola rebound di kotak penalti Indonesia. Skor berubah menjadi 5-1. 

Empat menit berselang, Abdulrasheed Umaru berhasil membuat gol ketiganya dalam pertandingan ini yang sekaligus merubah skor menjadi 6-1. 

Kembali kebobolan, pelatih Indra Sjafri melakukan pergantian pemain guna menambah daya serang. Ia memasukan Todd Rivaldo Ferre untuk menggantikan Muhammad Rafli Mursalim yang jarang mendapat bola. Taktik tersebut cukup ampuh karena Todd berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 6-2 lewat tendangan bebas pada menit ke-65.

Klik di sini: Babak 1: Timnas U-19 Babak Belur dari Qatar

Tidak selesai sampai di situ, keberanian Todd untuk menerobos barisan pertahanan lawan kerap membuat para pemain Qatar melakukan pelanggaran. Alhasil, Saddil Ramdani bisa ikut menyumbang gol lewat tendangan bebasnya yang menawan pada menit ke-69.

Empat menit berselang, aksi individu Todd tak mampu dibendung empat bek lawan Qatar dan tembakannya pun bisa masuk lewat pojok kiri gawang. Skor pun berubah menjadi 6-4. 

Menginjak menit ke-81, Todd memastikan gol ketiganya setelah menerima umpan Syahrian Abimanyu. Skor 5-6 untuk kemenangan Qatar pun tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil ini membuat Indonesia berada di urutan tiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin. Sementara itu, Qatar yang juga baru memiliki tiga poin berada di posisi kedua karena unggul selisih gol dari Indonesia. Untuk posisi pertama ditempati Uni Emirat Arab dengan kumpulan enam poin. 

Selanjutnya, akan bentrok dengan Uni Emirat Arab untuk memainkan laga pamungkas Grup A. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Rabu 24 Oktober pukul 19.00 WIB. Kemenangan adalah harga mati jika timnas U-19 ingin menjaga asa lolos ke fase grup. 

Starting XI Qatar vs Indonesia

Qatar: Salah Zakaria (GK), Ahmed Suhail, Hashim Ali, Abdulla Nasser, Youssef Ayman, Ahmed Albakheet, Nasir Peer Baksh, Abdoullah Ali Saei, Khaled Mohamed, Mohamed Waad, Abdulrasheed Umaru.

Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika, Rachmat Irianto, Muhamad Luthfi Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli Mursalim

Video: Kevin/Marcus Sukses Melangkah ke Final




(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id