NEWSTICKER
Ilustrasi by medcom.id
Ilustrasi by medcom.id

Sepak bola wanita

Arab Saudi Bakal Luncurkan Liga Sepak Bola Wanita

Bola liga dunia
Medcom • 26 Februari 2020 14:46
Riyadh: Arab Saudi dikabarkan akan meluncurkan liga sepak bola wanita. Kabar muncul dua tahun setelah wanita pertama kali diizinkan masuk ke stadion di kerajaan yang terkenal konservatif itu.
 
Liga ini disebut-sebut akan memainkan pertandingannya di ibu kota, Riyadh, dan dua kota lainnya. Munculnya liga ini adalah yang terbaru dari reformasi Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Arab Saudi.
 
Namun, para pegiat mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk hak-hak perempuan. Para pejabat mengatakan tujuan dari langkah terbaru ini adalah untuk meningkatkan partisipasi wanita dalam olah raga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Peluncuran (liga) meningkatkan partisipasi perempuan dalam olah raga di tingkat komunitas dan akan menghasilkan peningkatan pengakuan untuk prestasi olahraga perempuan," kata Saudi Sports for All Federation yang dikelola pemerintah, seperti dikutip BBC, Rabu, 26 Februari 2020.
 
Perempuan Arab Saudi pertama kali diizinkan masuk ke stadion sepak bola pada Januari 2018. Saat itu, merupakan waktu yang sama ketika Negeri Petrodolar mengakhiri larangan berpuluh-puluh tahun untuk perempuan mengemudi.
 
Tahun lalu, sebuah dekrit kerajaan memungkinkan perempuan Arab Saudi untuk bepergian ke luar negeri tanpa izin wali laki-laki dan pemisahan restoran dibatalkan. Namun, beberapa pembela hak perempuan terkemuka telah ditangkap bahkan ketika pemerintah telah melakukan reformasi.
 
Video: Uji Coba Pengaspalan di Monas untuk Formula E
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif