Piala Asia U-19: Profil Tim & Persaingan Grup B
Tim nasional Jepang U-19 (the-afc.com)
Jakarta: Grup B Piala Asia U-19 mempertemukan tim-tim kuat dari Asia. Dihuni Jepang, Irak, Korea Utara, dan Thailand, grup ini merupakan grup maut. Pasalnya, seluruh peserta grup B pernah mencicipi gelar juara Piala Asia U-19.

Jepang
Partisipasi: 36 kali
Prestasi terbaik: Juara 2016
Pelatih: Masanaga Kageyama
Pemain bintang: Kyosuke Tagawa (penyerang)

Kandidat terkuat juara tentu saja Jepang. Selain bermaterikan pemain-pemain berkualitas, skuat besutan Masanaga Kageyama merupakan juara bertahan setelah memenangkan Piala Asia U-19 pada 2016.


Jepang datang ke Indonesia bermodalkan hasil impresif dalam tiga laga persahabatan. Mereka mampu meraup dua kemenangan atas Republik Ceko dan Indonesia, namun gagal melewati hadangan Spanyol.

Selain itu, Samurai Biru menempati posisi pertama pada babak kualifikasi. Mereka meraih hasil sempurna dengan tiga kemenangan dari tiga laga kualifikasi. Mereka mencetak 16 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Irak
Partisipasi: 16 kali
Prestasi terbaik: Juara 1975, 1977, 1978, 1988, 2000
Pemain bintang: Mohammed Dawood Yaseen (penyerang)
Pelatih: Qahtan Chathir Drain

Irak menjadi tim lain yang patut diperhitungkan. Mereka merupakan tim dengan koleksi gelar Piala Asia U-19 terbanyak keempat setelah Korea Selatan, Myanmar, dan Israel. Mereka menempati peringkat kedua pada babak kualifikasi setelah dikandaskan Qatar.

Namun, performa mereka di dua laga persahabatan cukup mengkhawatirkan. Pasalnya Irak hanya mampu meraih hasil imbang kontra Uni Emirat Arab (UEA) dan dikalahkan oleh Arab Saudi.

Korea Utara
Partisipasi: 12 kali
Prestasi terbaik: Juara 1976, 2006, 2010
Pemain bintang: Han Kwang Song (penyerang)
Pelatih: Song Ho Ri

Selain Jepang dan Irak, ada juga Korea Utara yang memiliki peluang jaura. Kampiun 2010 itu datang ke Indonesia dengan amunisi terbaik mereka, salah satunya adalah striker muda yang bermain di Serie A bersama Cagliari, Han Kwang Song

Pada babak kualifikasi, mereka mampu menjungkalkan Hong Kong dengan skor telak 5-1. Namun mereka harus menerima kekalahan dari Australia dengan skor 1-4. Hasil tersebut membuat mereka menempati peringkat kedua di babak kualifikasi.

Thailand
Partisipasi: 32 kali
Prestasi terbaik: Juara 1962, 1969
Pemain bintang: Sittichok Paso (penyerang/kapten)
Pelatih: Issara Sritaro

Thailand lolos dari babak kualifikasi setelah menempati peringkat dua klasemen. Mereka mampu mengalahkan Mongolia dan Singapura, serta membuat Jepang bekerja keras untuk meraih kemenangan.



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id