Sepak bola Korsel

Bek Korsel Dilarang Bermain Seumur Hidup

A. Firdaus 01 November 2018 21:27 WIB
sepak bola
Bek Korsel Dilarang Bermain Seumur Hidup
Bek Jang Hyun-soo (kiri) saat berduel dengan Mesut Oezil di PIala Dunia 2018 (Foto: JEWEL SAMAD/AFP)
Seoul: Bek Jang Hyun-soo telah dijatuhi larangan bermain seumur hidup oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA). Ia didakwa karena telah memalsukan dokumen demi menghindari wajib militer.

Jang terbukti telah memalsukan dokumen catatan layanan masyarakatnya untuk menghindari pelatihan militer. Selain larangan bermain, Jang juga didenda 39 juta won atau sekira Rp398 juta.

Seperti diketahui, pria di Korsel berbadan sehat antara usia 18 hingga 21 tahun diminta untuk mengikuti wamil selama dua tahun. Namun, Jang dibebaskan dari kewajiban itu karena dia berhasil membawa Korsel meraih medali emas Asian Games 2014.


Sebagai gantinya, Jang diharuskan menjalani pelatihan dasar militer selama empat pekan atau sekira 544 jam. Dia juga harus memberikan layanan masyarakat yang berkaitan dengan olahraga selama 34 bulan. 

Sayangnya, dalam dokumen yang dia kirimkan, ada kejanggalan. Yaitu ada 196 jam di antaranya pada Desember 2017 ternyata palsu. Padahal pada saat itu, cuaca di Korsel sedang mengalami badai salju. Atas dasar itulah, KFA memberikan hukuman berupa larangan bermain untuk timnas Korsel seumur hidup.

“Kami memutuskan untuk melarang Jang selama seumur hidup untuk ikut tim nasional. Jang juga akan mendapatkan denda maksimum di bawah kode etik KFA," ucap pengacara KFA, Suh Chang-hee.

Biasanya seorang pemain yang menerima skorsing seumur hidup membela timnas bisa mendapatkan keringanan hukuman setelah tujuh tahun berjalan. Tapi untuk kasus yang melibatkan Jang tidak berlaku.

“Karena Jang bermain di Jepang dan saat ini tidak terdaftar dengan kami, kami berpikir bahwa menangguhkannya dari berkompetisi bukanlah benar-benar sebuah hukuman. Jadi kami memutuskan untuk melarang Jang selamanya dipanggil ke tim nasional," terangnya

Selain itu hukuman berat ini juga diharapkan bisa memberikan efek jera bagi para pemain lain dan menghindari kasus serupa terjadi pada masa depan.

Jang yang saat ini bermain di FC Tokyo tidak dipanggil oleh Timnas Korsel pada laga persahabatan November ini. Dia juga takkan ikut memperkuat Tim Negeri Gingseng pada Piala Asia Januari 2019.

10 Klub Liga 1 Dapat Lisensi AFC




(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id