Piala AFF 2018

Timnas Gagal di AFF, Bima Sakti Pasang Badan

Rendy Renuki H 24 November 2018 19:17 WIB
piala aff
Timnas Gagal di AFF, Bima Sakti Pasang Badan
Pelatih TImnas Indonesia, Bima Sakti (Medcom.id/Rendy Renuki H)
Jakarta: Pelatih Bima Sakti Tukiman pasang badan atas kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Menurutnya, tak ada pihak yang harus disalahkan kecuali dirinya atas prestasi negatif skuat Garuda.

Hal itu dilontarkan Bima Sakti jelang laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 kontra Filipina, Minggu 25 November besok. Ia menilai telah memberikan seluruh kemampuan terbaiknya setelah dipercaya menjadi nakhoda skuat Garuda.

Namun, pendeknya waktu persiapan yang dimiliki Timnas membuatnya tak bisa bereksperimen lebih jauh lagi. Ia hanya menjalankan strategi warisan pelatih Luis Milla Aspas yang tak lagi menangani Indonesia selepas Asian Games 2018.


"Saya tidak punya waktu lagi untuk mengubah semua yang diberikan Luis (Milla). Saya juga berkomunikasi dengan Luis" ungkap Bima saat jumpa pers, Sabtu 24 November. 

"Latihan dan program semua tidak saya ubah, cara main juga. Mungkin kekurangan terletak pada diri saya. Mungkin banyak hal yang harus saya perbaiki ke depan," sambung pelatih 42 tahun tersebut.

Namun, ia tetap meminta federasi (PSSI) untuk ikut berperan aktif dalam pembinaan Timnas. Pasalnya, dalam membangun Timnas hingga ke level senior tidak mudah dan harus dikawal bersama antara federasi dan tim pelatih.

"Saya sebagai pelatih menerima segala konsekuensinya. Tim pelatih menyerahkan kepada federasi ke depannya. Harapan saya membangun Timnas tidak mudah, jadi soal TC (pemusatan latihan), uji coba dan lawan-lawan Timnas ke depan harus lebih dikomunikasikan," kata Bima.

Indonesia harus gigit jari gagal lolos penyisihan Grup B Piala AFF 2018 setelah masih menempati posisi empat dengan torehan tiga poin. Kegagalan ini mengulang catatan hitam pada Piala AFF 2007, 2012 dan 2014. 

 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id